Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CIWEL KHAS KEBUMEN BANYUMAS JAWA TENGAH | RESEP MEMBUAT CIWEL | CARA MUDAH MEMBUAT CIWEL / GETHUK IRENG | GETHUK IRENG KHAS BANYUMAS

Ciwel merupakan jajan pasar yang berwarna hitam kecoklatan yang terasa alot juga. Ciwel sangat bagus untuk penderita mag karena terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi sehingga bersifat basa. Cenil, lupis dan ciwel merupakan paket jajan pasar yang penyajiannya dijadikan satu dan diberi cairan gula merah yang kental. makanan tersebut biasanya banyak dijual pada pasar-pasar krempyeng atau pasar yang buka hanya dipagi hari.
Karena warnanya yang hitam, ada juga orang yang menyebut makanan ini, dengan sebutan Resep Ciwel Ireng. Ireng merupakan bahasa Jawa, yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'hitam'. Ciwel Ireng memiliki tekstur yang kenyal lembut, sehingga dapat kita bayangkan sendiri, seperti apa rasa dan juga bentuknya. Warnanya yang hitam, rasanya yang manis gurih, serta teksturnya yang kenyal lembut, pastinya menggugah selera kita


ciwel / gethuk ireng kebumen bayumas


Nah setelah kita memilih dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan baik, untuk membuat Ciwel Ireng yang sempurna kita juga memerlukan resep yang jitu pula. Nah bagi Anda yang sedang mencari resep untuk membuat Ciwel Ireng, namun hingga kini belum juga menemukan resep yang jitu dan mudah dipraktekan, maka sekarang ini Anda sedang berada pada ulasan yang paling tepat.


Cara membuatnya sebagai berikut:
Alat:
-Tungku atau kompot
-Lagsang
-Baskom
-Wajan
-Parutan kelapa

Bahan-bahan:
-1 kg singkong
-pewarna dari batang padi Secukupnya 
Secukupnya kelapa
-gula pasir Secukupnya
-plastik Secukupnya 

Langkah-langkah:
-Kupas singkong, cuci hingga bersih. Parut lalu peras hingga kering, sisihkan.
-Pewarna: bakar batang padi kering hingga hitam, didinginkan. Saring abu batang padi tersebut sebanyak tiga kali, lalu aduk rata. Kukus Selama setengah jam lalu tumbuk hingga halus.
-Beri minyak pada singkong yang sudah diperas supaya tidak lengket lalu beri sedikit air supaya tidak keras.
-Tumbuk singkong hingga halus kemudian taruh di plastik untuk proses pencetakan. Potong-potong mengikuti garis dalam plastik atau sesuai selera.
-Pemanis: parutlah kelapa yang telah disiapkan, lalu masak bersama air secukupnya. Beri gula dan masak kembali sampai matang
-Sajikanlah ciwel bersama pemanisnya.

selamat mencoba


Post a Comment for "CIWEL KHAS KEBUMEN BANYUMAS JAWA TENGAH | RESEP MEMBUAT CIWEL | CARA MUDAH MEMBUAT CIWEL / GETHUK IRENG | GETHUK IRENG KHAS BANYUMAS"

close