Resep Lumpur Surga Super Nikmat Super Lembut Anti Gagal

Kompilasitutorial.com
~ Jika berbicara tentang resep masakan tidak akan habisnya karena negara indonesia sebagian besar penduduknya petani sehingga tidak akan kehabisan bahan pokok pangan serta rempah. oleh karena itu banyak jenis makanan yang sudah melegenda dari jaman dahulu sehingga mendunia seperti rendang dari padang, nasi goreng pun sudah mendunia karena kenikmatannya yang tiada tara. untuk itu kita harus bersyukur hidup di indonesia karena banyak orang asing yang betah tinggal di sini sehingga tidak banyak kemungkinan pindah kewarganegaraan. kita lanjut saja membahas kuliner indonesia, disini anda akan mendapatkan info resep masakan nusantara serta resep lainnnya, tidak ketinggalan pula tips dan trik yang pastinya akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah. 
Pada bulan ini masih suasanan bulan ramadhan untuk umat muslim di seluruh dunia, biasanya para ibu rumah tangga menyiapkan menu buka puasa yang istimewa, biasanya identik dengan yang manis. untuk itu, saya akan memberikan resep yang cukup unik, dari segi namanya saja sudah menentramkan apalagi rasanya pastinya sungguh adem. resep yang akan kita berikan adalah cara membuat lumper surga super nikmat, pastinya mempunyai cita rasa yang manis cocok untuk suasana bulan suci ini da pastinya caranya sangat gampang banget. untuk itu, simak yuk cara membuat lumpur surga yang super nikmat ini

Resep lumpur surga super nikmat
Bahan A:
-3sdm gula merah disisir halus
-3sdm gula pasir (sesuai selera)
-3sdm skm gold
-150g santan kental
-Sedikit garam
-3 kuning telur
-Sedikit terigu (est 1/2 sdt )

Bahan B:
-200g santan kental
-1sdm gula pasir
-Garam secukupnya
-3sdm tepung beras

cara membuat lumpur surga super nikmat:
-Campur semua bahan A jadi satu, aduk sampai gula larut lalu di saring dua kali
-Campur semua bahan B aduk rata lalu saring
-Panas kan kukusan, lapis tutupnya dg kain bersih/serbet, tuang bahan A separuh dari cetakkan lalu kukus dengan api kecil sampai matang, lalu tuang bahan B di atas bahan A kukus ulang, sampai matang
-angkat, siap di nikmati, lebih enak di makan setelah di simpan dalam kulkas
 

baca juga : cara membuat tape ketan yang manis anti gagal

Cara Membuat Tape Ketan Anti Gagal Untuk Sajian Lebaran

Kompilasitutorial.com
~ sebentar lagi para umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. hari raya idul fitri tahun ini (2022) akan jatuh pada awal bulan mei yang biasanya masyarakat indonesia pada khususnya sudah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari membeli baju lebaran, menjahit kain untuk di jadikan baju lebaran, membeli emas untuk di pakai ketika lebaran, sandal, kembang api untuk persiapan takbiran, beras zakat, serta tidak ketinggalan juga makanan yang akan di suguhkan ketika ada tamu berkunjung. nah mengenai suguhan, banyak masyarakat yang membeli jadi atau jajan kering yang mampu bertahan sangat lama dan ada juga sudah mempersiapkan untuk membuat sendiri suguhan lebaran untuk menghemat pengeluaran namun repot. kerepotan ini menjadi nilai tersendiri bagi para pembuatnya karena cita rasanya yang di hasilkan. sebagian besar ada yang membuat kue kering, cake, bolu, es krim dan yang paling langka yaitu membuat tape ketan. membuat tape ketan tidak segampang yang di bayangkan. menurut mitosnya entah bener atau tidaknya namun terjadi yaitu ketika membuat tape ketan harus dengan perasaan yang gembira, jika tidak tape tidak akan jadi alias rasanya menjadi kecut, tidak matang / masih mentah berasnya. untuk itu,  disarankan untuk selalu gembira dalam bekerja, cintai pekerjaan itu. nah, di bawah ini sudah kami sediakan resep dan tips untuk membuat tape ketan yang bisa anda suguhkan ketika lebaran maupun acara tertentu yang pastinya manis anti gagal. penasaran cara membuatnya/? simak yuk cara membuat tape ketan anti gagal di bawah ini, cekidot
Resep tape ketan manis anti gagal

Bahan:
-250 gr ketan putih
-2 keping ragi tape, haluskan
-1 sdm gula pasir
-1 gelas air
-Daun pisang secukupnya
-Pewarna makanan (hijau dan pink secukupnya)

Cara membuat tape ketan manis anti gagal:
-Cuci bersih ketan, rendam dengan air yang sudah diberi pewarna selama minimal 3 jam. Setelah itu, tiriskan. Kukus selama 40 menit. Selama mengukus siram-siram dengan air setiap 10 menit sekali ( 1 gelas air dibagi untuk 3x siram ). Jangan lupa diaduk-aduk setelah disiram air.
-Setelah matang, angkat ketan, ratakan di atas tampah/ nampan yang sudah dialasi daun pisang. Biarkan sampai benar-benar dingin. JANGAN sampai tersentuh tangan agar hasil tapenya tidak terkontaminasi (kecut nanti jadinya).
-Setelah dingin, taburi dengan ragi tape dan gula pasir, aduk rata dengan centong kayu/spatula kayu. Bungkus dengan daun pisang, letakkan di toples/wadah yang tertutup rapat. Biarkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari matahari. Biasanya 2-3 hari tape sudah jadi.

catatan:
- jika menggunakan ketan hitam, rendam semalaman, karena teksturnya lebih keras daripada ketan putih.
- Semua alat yang dipakai harus bersih (termasuk orang yang buat), jangan sampai ketan tersentuh tangan langsung, agar tidak terkontaminasi.
- jika tidak ada daun pisang, bisa langsung masukkan toples / cup plastik yang bersih lalu tutup rapat.
- Penambahan gula agar tape lebih manis, tapi jangan terlalu banyak, karena hasilnya jadi manis banget  

baca juga : cara membuat sayur asem gembira yang gurih sedap

Cara Membuat Sayur Asem Gembira Sederhana dan Enak Untuk Pemula

Kompilasitutorial.com
~ jika berbicara tentang sayur yang segar di nikmati siang hari tidak akan ada lawannya ketika cuaca panas serta badan capek-capek. sayur ini juga sangat menyehatkan karena terbuat dari bahan pilihan. untuk cara membuatnya juga terbilang sangat mudah, tinggal masukin aja. tidak perlu adanya santan, marut kelapa dan lain sebagainya, cukup potong saja. nama sayur ini sudah melegenda di telingan masyarakat indonesia dari kalangan bawah sampai kalangan atas. untuk mendapatkan kuliner ini juga sangat mudah, banyak warung makan kecil sudah menyediakan sayur ini di karenakan banyak peminatnya. sayur ini akan terasa nikmat juga di sajika dengan sambal serta tempe goreng. nama sayur ini adalah sayur asem. untuk cita rasanya seperti namanya, mempunyai rasa asem sedap gurih nikmat. pastinya para ibu rumah tangga yang sudah bisa membuat sayur ini, bagi yang masih tahap belajar jangan khawatir karena di bawah ini sudah kami sediakan resepnya dari awal hingga panyajian. sayur asem ini kami namakan sayur asem gembira, karena ketika orang yang menikmati sayur ini akan terasa senang atau gembira dengan cita rasa yang sangat mengejutkan. untuk itu jangan kelamaan untuk membuat sayur ini, silahkan ekskusi langsung saja dan sajikan untuk keluarga tercinta anda. jika anda seorang menantu baru, tidak ada salahnya mencobanya. oke simak yuk resep membuat sayur asem gembira yang sudah melegenda

Resep sayur asem gembira
Bahan:
-100 gr labu siam, potong2
-2 buah jagung manis, potong 4 bagian
-25 gram daun melinjo 
-100gr putren potong2
-1 ikat kacang panjang potong 3 cm
-Melinjo secukupnya
-2 sendok teh asam jawa dan 6 sendok makan air, dilarutkan
-2 ltr air 
-2 sdm gula merah sisir 
-3 lembar daun salam 
-3 cm lengkuas, dimemarkan
-50gr kacang tanah
-Garam

Bumbu Halus:
-4 butir kemiri, disangrai
-1/2 sendok teh terasi, dibakar
-5 butir bawang merah 
-3 buah cabai merah keriting .

Cara membuatnya:
1. Rebus air, bumbu halus, gula merah, daun salam, lengkuas, sampai matang.
2. Tambahkan jagung manis. Masak sampai empuk.
3. Masukkan buncis, putren,melinjo,  kacang tanah, dan labu siam. Masak sampai matang.
4. Tambahkan daun melinjo, garam dan air asam. Aduk rata. Koreksi rasa. 
5. Angkat dan sajikan. 

baca juga : cara membuat ayam krispi yang renyah

Cara Membuat Ayam Krispi ala Rumahan yang Renyah Untuk Ide Jualan

Kompilasitutorial.com
~ Salam hangat dan salam berjumpa lagi nih dengan kami yang selalu menyediakan tips dan trik, tutorial serta resep masakan nusantara dan resep masakan kekinian oleh karena itu di harapkan untuk tidak berpaling dari sini, karena di khianati itu sakit.hehe... pada kesempatan ini, kami akan sajikan resep masakan yang pastinya mudah tetapi sulit untuk di lakukan. kok bisa ya? ya bisa dong, tidak semua orang bisa membuat makanan ini karena membutuhkan keahlain tingkat dewa. hehe... resep masakan yang kami maksut adalah ayam krispi. ayam krispi kami namakan ayam krispi ala rumahan. mengapa demikian? karena tidak untuk jualan ya, masakan ini khusus di buat untuk keluarga tercinta sebagai wujud perhatian bunda sekalian terhadap suami dan anak-anak. bisa juga untuk menambah ide jualan. yang paling sulit adalah cara membuat ayam itu menjadi krispi. banyak yang salah serta keliru dalam menjadikan ayam itu menjadi krispi, untuk cara dan trik sudah sama. apa yang membedakannya/ pastinya ada tentunya untuk membuat ayam menjadi lebih krispi tidak seperti ayam goreng pada umumnya, di bawah ini sudah kami sediakan resep untuk membuat ayam lebih menjadi krispi, garing serta renyah. ayam krispi ini sangat cocok di sajikan ketika santai bersama keluarga anda, apalagi pada bulan puasa seperti saat ini pastinya akan lebih hangat. simak yuk cara membuat ayam krispi ala rumahan yang populer

Resep ayam krispi ala rumahan
bahan:
-marinasi
-1/2 kg ayam
-2 butir baput
-20 butir merica
-1/4 sdt garam
-1/2sdt penyedap rasa

bahan kering:
-500gr terigu
-2 sdm maizena
-1 sdm penyedap rasa
-1 sdt garam
-1/2 sdt baking soda
-1/2 sdt bawang putih bubuk
-secukupnya ladaku

bahan basah:
-500ml air es
-1/4 sdt soda kue
-1 sdm susu bubuk

cara membuat ayam krispi ala rumahan:
1. haluskan bumbu marinasi lalu ratakan pada ayam kemudian simpan dalam kulkas selama 3-5 jam di freezer (tidak beku) kalo mau semaleman taro di chiller aja.
2. setelah ayam dimarinasi siapkan bumbu kering, campur semua bumbu kering dalam wadah.
3. Masukan 2 SDM bahan kering kedalam 1 liter air tadi.
4. masukan ayam kedalam bahan kering (saya 4 potong) lalu aduk balik sampe semua terbalut tepung
5. angkat ayam dari tepung lalu masukan kedalam bahan basah, angkat.
6. masukan kedalam bahan kering aduk balik lagi sampe keluar kritingannya. Masukan bahan basah dan kering sekali lagi, setelah benar2 kriting ayam siap digoreng..
7. goreng ayam dalam minyak banyak dan panas, usahakan ayam terendam minyak.
8. balik 1 kali saja Agar kritingan tidak hancur.
9. Angkat dan siap dihidangkan.
 

baca juga : cara mudah membuat puding 4 rasah

Cara Membuat Puding 4 Rasa Untuk 16 Cup yang Enak dan Lembut Untuk Ramadhan

Kompilasitutorial.com
~ Pada saat ini mungkin banyak orang yang sudah menjalani WFH atau Work from Home atau kerja dari rumah. kesempatan ini di gunakan banyak di gunakan para IRT atau ibu rumah tangga untuk mengurus keluarga karena dia bekerja dari rumah dan sekaligus bisa menyajikan hidangan istimewa buat keluarga tercinta. hidangan yang di sajikan sangat berguna sekali untuk menjalin kedekatan dengan keluarga setelah sekian lama jarang berkumpul dengan keluarga tercinta. untuk itu, tidak salahnya para ibu-ibu untuk menyajikan hidangan ini, selain mudah di buat juga mudah untuk mendapatkan bahannya. pastinya ibu-ibu sudah menyediakannya di rumah, dan bisa juga untuk menjalin kedekatan bersama suami bahkan anak-anak karena bisa di buat bersama-sama dengan penuh gembira ria. apalagi kalau masih suasana pengantin baru, tambah menyenangkan bukan? mimin jadi pengen cepat-cepat nih tapi sama siapa kurang tau.hehhe\

kita lanjut saja hidangan yang bisa di masak bersama keluarga tercinta yaitu puding. puding ini mempunyai 4 rasa dengan bahan  susu, air, jelly dan lain sebagainya. untuk rasanya tidak kalah dengan buatan orang ketika jajan. untuk mebuatnya sangat mudah, jadi anda bisa membuatnya dan menyajikan buat keluarga anda. untuk resepnya sudah kami sediakan di rumah jadi simak yuk cara membuat puding 4 rasa dengan porsi 16 cup. selamat mencoba

Resep puding 4 rasa untuk 16 cup (150ml)
Bahan puding:
- susu kental manis 370 gr (1 kaleng)
- air 1000 ml 
- susu fullcream 500 ml
- jelly plain 1 sachet @ 15 gr ( nutrijel)
- tepung maizena 1 sdm

Bahan lainnya:
- buah-buahan sesuai selera secukupnya
- cincau secukupnya potong dadu
- kopi instant cappucino 1 sachet @25 gr
- dark cooking chocolate 50 gr
- jelly / agar-agar bening secukupnya

Cara membuatnya:
- campur semua bahan puding, masak sambil diaduk hingga mendidih
- ambil 400 ml tuang ke cup masing-masing 100 ml 
- ambil 400 ml tuang ke cup yang sudah berisi hancuran oreo
- sisa puding di panci tambahkan kopi instan cappucino 1 sachet
- aduk-asuk hingga rata, nyalakan api lagi bila perlu. Ambil 400 ml puding tuang ke cup masing-masing 100 ml, tambahkan potongan cincau
- sisa adonan di panci tambahkan dark chocolate cincang 50 gr, aduk rata, nyalakan api lagi bila perlu, lalu tuang ke cup, diamkan
- hias sesuai selera, yang polos beri topping buah dan siram dengan jelly/agar-agar bening, yang coklat beri topping coklat parut dan aneka coklat
 

Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang Simple

Kompilasitutorial.com
~ Apakah anda suka dengan buah salak? tentunya harus suka ya, karena buah salak banyak sekali manfaatnya bagi tubuh anda. buah salak mempunyai manfaat bisa menurunkan berat badan, kesehatan mata, meningkatkan daya ingat, mengurangi resiko wasir dan masih banyak lagi. namun yang kita bahas kali ini bukan mengenai buah salak, akan tetapi mengenai biji buah salak. kali ini akan kami uraiakan resep yang sangat populer yaitu kolak biji salak. kolak ini bisa anda nikmati dengan keluarga tercinta anda. kolak ini mempunyai bahan utama ubi ungu, bukan dari biji buah salak asli ya kalau asli tidak terbayangkan kerasnya kek gimana. 

Di namakan biji salak karena bentuknya seperti buah salak, yaitu bulat kecil. dari bahan utamanya yaitu ubi ungu, anda tidak ada salahnya mencobanya karena ubi ungu juga bayak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh anda. manfaat ubi ungi antara lain yaitu menjaga kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari toksisitas logam berat, mengurangi resiko kanker, meningkatkan mood dan selera makan, menjaga kesehatan otgan hati dan ginjal . Oleh sebab itu sebaiknya anda di sarankan untuk mengkonsumsi ubi ungu ini, biasanya cuma di rebus kali ini bisa di bikin kolak untuk menambah selera makan keluarga anda. untuk caranya juga sangat mudah, kini anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena mudah sekali mendapatkan ubi ungu ini./ untuk resepnya sudah kami sediakan di bawah ini, sediakan makanan sehat untuk keluarga tercinta anda
Resep kolak biji salak
Bahan-bahan :
-750 gr ubi ungu
-200 gr tepung tapioka (aci)
-250 gr gula pasir
-4 lbr daun pandan
-3 gelas air
-Sejumput garam

Bahan untuk santan:
-1 gelas santan (dari 250 gr kelapa parut)
-2 lbr daun pandan
-Sejumput garam
-1 sdt muncung maizena

Langkah :
-Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan. Tambahkan tepung tapioka dan uleni hingga bisa di bentuk. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat kecil.
-Didihkan air, tambahkan daun pandan, gula pasir, garam. Setelah mendidih masukan ubi ungu yang sudah dibentuk bulat-bulat kecil. Masak hingga terapung dan matang.
-Campur semua bahan santan, aduk rata lalu masak hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk supaya tidak pecah santannya.
-Sajikan kolak candil dengan santannya.

baca juga : cara mudah membuat es alpukat susu yang segar dan lembut

Cara Membuat Es Alpukat Susu Coklat yang Lembut dan Enak Untuk Jualan

Kompilasitutorial.com
~ Wah kalau dengar kata alpukat sudah tidak asing lagi bagi telinga anda, alpukat yang mempunyai cita rasa yang khas dan habitatnya di suhu yang dingin mempunyai banyak khasiat antara lain menjaga berat badan, mencegah sembelit, membantu mengendalikan tekanan darah, membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung. Buah dengan warna kulit hijau ini juga mengandung serat, karbohidrat, protein,magnesium, folat, lutein, kalium, dan berbagai vitamin termasuk vitamin C, A, B, K, dan E yang memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu buah ini sangat cocok di bikin es apalagi dengan cuaca yang panas pasti lebih enak untuk di nikmati. bagi anda yang sedang menjalani ibadah puasa, sangat cocok untuk menu berbuka puasa. selain menghilangkan dahaga seharian berpuasa, juga menyehatkan. jadi tunggu apalagi untuk membuat menu buka puasa dengan bahan dasar alpukat ini. caranya juga sangat mudah, harga buah ini juga terjangkau. jadi tunggu apalagi, simak yuk resepnya untuk membuat sajian menu buka puasa yang istimewa
 
Resep es alpukat susu
Bahan :
- 2 buah Alpukat
- biji selasih secukupnya, rendam dengan air panas 15 menit, tiriskan
- 1 gelas air matang
- 4 sdm gula pasir
- 6 sdm SKM putih (2 sanchet)
- es batu secukupnya

Cara Membuatnya :
1. Larutkan gula pasir dengan air matang, aduk hingga gula larut
2. Dalam mangkuk masukan Alpukat, siram dengan larutan gula, beri susu kental manis,aduk hingga tercampur rata
3. Masukkan biji selasih dan es batu secukupnya,
4. aduk dan sajikan 

baca juga : cara mudah membuat es kelapa muda kw mirip asli

Cara Membuat Es Kelapa Muda KW Nutrijel yang Enak Seperti ASLI

Kompilasitutorial.com
~ Pada bulan ini yaitu bulan maret, umat islam memasuki bulan suci Ramadhan atau bulan puasa. biasanya para umat muslim mempersiapkan menu buka puasa yang menyegarkan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. beda lagi yang sedang di mabuk cinta, mereka mempersiapkan menu buka dan menu sahur. akan tetapi yang mereka pilih adalah menu-a bersama. itulah celoteh sepasang sejoli yang sedang di mabuk cinta. beda lagi untuk ibu-ibu rumah tangga, mereka lebih sibuk menyiapkan menu buka yang segar untuk keluarga tercinta.  untuk menu buka biasanya menggunakan bahan es yang dingin menyegarkan setelah seharian menahan haus serta iklim yang selalu berubah. 
banyak para ibu-ibu kalau bulan puasa sibuk berburu kelapa muda sebagai menu buka puasa yang biasanya di buat es kelapa muda. bagaimana jika tidak mendapatkan kelapa muda/? anda tidak perlu khawatir tentang masalah itu. di sini kita akan memberikan resep mengenai menu buka puasa yang menyegarkan ini. kita akan memberikan resep menu buka puasa es kelapa muda kw. mengapa di bilang kw? karena yang di bikin bukan es kelapa muda asli akan tetapi mempunyai rasa yang sama dengan kelapa muda?
bagaimana cara membuat es kelapa muda kw? untuk resepnya sudah kami sediakan di bawah ini. jadi anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan kelapa muda. jadikan menu buka puasa keluarga anda semakin berwarna dengan resep yang satu ini jadi cekidot

Cara Membuat Es Kelapa Muda KW
Bahan :
- 1 sachet nutrijell rasa kelapa muda/nutrijell plain 13 gr
- 1 bungkus santan KARA 65 ml
- 3 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 600 ml air

Bahan Es Kelapa Muda :
- Syrup Cocopandan secukupnya
- Selasih (rendam dengan air panas)
- Air
- Es Batu

Langkah-langkah :
-Siapkan panci, masukkan nutrijell, santan, gula pasir, garam dan air, aduk rata.
- Nyalakan kompor, masak sambil di aduk, setelah mendidih matikan kompor.
-Tuang dalam wadah, biarkan dingin dan mengeras, lalu kerok dengan kerokan kelapa, sisihkan.
-Siapkan gelas, masukkan kelapa muda KW, selasih, syrup, es batu, kemudian tuang syrup cocopandan, 
-Tambahkan air secukupnya
-Es kelapa muda KW siap dinikmati

baca juga : cara membuat es teler boba brown sugar