Cara Mudah Membuat Kue Tat Khas Bengkulu yang Lembut

kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari bengkulu ini merupakan makanan mewah karena hanya bisa di nikmati oleh para raja dan kalangan ningrat saja, makanan ini mempunyai tekstur yang lembut. nama makanan ini yaitu kue tat. kue tat ini mempunyai tampilan seperti kue pie dan banyak yang mengira kue tat ini adalah kue pie. kue tat ini mempunyai ukuran mulai dari 18cm, ada yang berbentuk pastel yang mempunyai ukuran 8 cm di namakan kue anak tat. kue tat ini biasanya di sajikan pada hari raya idul fitri, dan sekarang sudha banyak toko yang menjual kue tat ini. kue tat terbuat dari santan, gula pasir, telur dan lain sebagainya. untuk proses pembuatan juga sangat mudah, untuk resep sudah kami uraikan di bawah ini. jika anda berminat untuk membuatnya, jangan ragu lagi karena bahan yang mudah untuk di dapatkan dan cara yang relatif mudah. simak yuk cara pembuatan kue tat di bawah ini

Resep kue tat khas bengkulu yang lembut
Bahan-bahan:
-1 cup santan kental
-2 cup gula pasir bisa dikurangi sedikit jika terlalu manis
-2 sdm full margarin
-1 sdm baking soda
-1/2 sdt essen pisang
-1 butir telur
-Selai nanas untuk filling
-secukupnya Tepung terigu

cara membuat kue tat khas bengkulu yang lembut: 
-Campur santan, gula masak hingga mendidih lalu matikan api tambahkan margarin aduk rata, lalu diamkan semalaman atau tunggu hingga benar-benar dingin.
-Setelah dingin, tambahkan telur aduk rata, baking soda dan essen pisang aduk rata.
-Bagi 2 adonan cair, masukkan dalam bowl dan adonan yang satu disisihkan. Beri terigu sedikit demi sedikit adonan yang dalam bowl tadi aduk pakai tangan sampai dapat tekstur yang setengah kalis saja cukup, adonan masih akan lengket tapi tidak apa-apa lumuri saja tangan dengan terigu setiap akan membentuk adonan.
-Ambil adonan @40gr bulatkan, lalu taruh dan susun diloyang yang telah diolesi margarin. Pipihkan adonan bentuk agak cekung dibagian tengah lalu beri selai nanas. Bentuk motif pinggirannya menggunakan jepit nastar, jepit dilumuri terigu dulu biar tidak lengket. Lakukan hingga adonan selesai. Adonan yang disisakan bisa dibuat lagi, sebenarnya disisakan buat jaga-jaga jika adonan terlalu keras bisa dicairkan lagi.
-Setelah selesai, panggang api sedang selama 25 menit atau hingga permukaan kue terlihat kering ketika disentuh, angkat kue biarkan sebentar diloyang lalu keluarkan saat masih hangat taruh di cooling rack, setelah dingin kemas dalam plastik.

Tips agar kue tat empuk dan lembut : 
-adonan masih lengket atau sedikit lembek saja, jangan terlalu banyak terigu adonan akan keras dan akan pecah saat dibentuk. 
-jangan terlalu lama memanggang karna setelah dingin kue akan jadi keras.

baca juga : cara membuat lempuk durian yang legit

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share