Resep Gulai Talang Makanan khas Batanghari


kompilasitutorial.com
~ makanan khas dari batanghari propinsi jambi yang satu ini pasti akan membuat anda gagal diet, nama makanan ini adalah gulai talang. makanan ini yang sangat di rindukan oleh para perantau karena sulit untuk mencari makanan ini di perantauan. gulai talang ini berasal dari daging daging bebek di karenakan banyaknya minyak yang di hasilkan dari daging bebek lebih banyak dari daging lainnya. sehingga tidak banyak memerlukan terlalu banyak minyak untuk membuat makanan ini. dengan banyaknya minyak yang di hasilkan akan membuat makanan ini semakin gurih dan nikmat. jika tidak percaya silahkan untuk mencoba makanan ini, jika anda sudah percaya dan ingin membuatnya sendiri di rumah juga boleh. untuk resep membuat gulai talang sudah kami sajikan di bawah ini jadi anda tidak perlu repot lagi untuk mencari resepnya di tempat lain. kita langsung saja ke resep yang sudah kami sajikan untuk membuat gulai talang makanan khas batanghari yang nikmat dan gurih. simak yuk resep gulai talang yang semakin di rindukan  


Resep gulai talang makanan khas batanghari
Bahan:
-½ kg daging bebek
-2 sdm minyak goreng
-Air secukupnya (sekitar 3 gelas besar)
 
Bumbu dihaluskan:
-5 butir bawang merah
-2 siung bawang putih
-15 cabe rawit hijau (sesuai selera)
-1 cm jahe
-2 cm kunyit
-1 sdt ketumbar
-Garam secukupnya

Bumbu lainnya:
-2 lembar daun jeruk
-1 buah batang serai
 
Bumbu iris:
-3 butir bawang merah
-1 siung bawang putih
 
Cara membuat gulai talang:
-Siapkan semua bahan dan bumbu. Daging bebek dipotong sesuai selera dan bumbu dihaluskan.
-Masukkan minyak ke dalam wajan, lalu tumis bumbu iris hingga kecokelatan, kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan, batang serai (geprek dahulu) dan daun jeruk. Tumis hingga harum.
-Masukkan bebek yang sudah dipotong-potong, lalu aduk supaya bumbu meresap dan merata sehingga masakan tidak gosong.
-Masukkan air dan ungkep dengan api kecil sampai daging bebek empuk. Tambahkan air lagi jika dirasa kurang karena daging bebek belum juga empuk.
-Sajikan ke dalam piring dan gulai talang siap disantap.

sumber : http://puan.co/2017/09/gulai-talang-bebek

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share