Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Dendeng Batokok | Cara Membuat Dendeng Batokok khas Sungai Penuh Super Enak | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~  Menu makanan ini sudah terbiasa terdengar di telinga anda yaitu dendeng. dendeng ini biasanya bisa anda dapatkan di sumatera barat karena makanan ini merupakan makanan khas sumatera barat dan bisa anda temukan di rumah makan padang. namun anda juga menemukan dendeng ini di sungai penuh jambi, dendeng batokok ini juga merupakan makanan khas dari daerah sungai penuh. awal mula makanan khas dari padang ini samoai ke sungai penuh di bawa oleh perantau minang. dendeng batokok terbuat dari daging rusa, seiring berkembangnya jaman dan sudah hampir habis populasi rusa maka daging yang di gunakan adalah daging sapi. untuk cara membuat dendeng batokok ini sama persis dengan cara membuat dendeng di padang karena resepnya juga sama. anda juga bisa membuatnya di rumah, untuk cara membuanya sudah kami sajikan di bawah ini jadi anda tidak perlu lagi untuk mencobanya di rumah. sajikan makanan khas ini untuk keluarga tercinta anda. simak yuk cara membuat dendeng batokok khas sungai penuh yang super nikmat di bawah ini

Resep dendeng batokok 
Bahan: 
-½ kg daging sapi 
-1 liter air kelapa tua 
-5 buah bawang merah 
-5 siung bawang putih 
-1 sendok teh ketumbar 
-1 sendok teh merica 
-2 cm lengkuas 
-2 lembar daun salam 
-2 lembar daun jeruk Garam secukupnya 
-Minyak untuk menggoreng 

Bahan cabai dendeng: 
-3 buah bawang merah 
-1 siung bawang putih 
-1 buah tomat merah 
-100 gr cabai merah 
-Garam secukupnya 

Cara membuat dendeng batokok 
1. Giling halus bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica. Geprek lengkuas. 
2. Rebus daging dengan bumbu di atas, lengkuas, daun salam, daun jeruk, garam dan air kelapa. Biarkan sampai mendidih dan bumbu meresap. 
3. Angkat daging dan tiriskan. Potong daging kemudian tokok atau pukul dengan palu daging hingga pipih. 
4. Panaskan minyak, lalu masukkan daging yang sudah di-tokok. Goreng hingga kering. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. 
5. Sambal dendeng: tumbuk atau giling kasar semua bahan sambal dendeng dengan gilingan batu. 
6. Panaskan minyak bekas gorengan daging dendeng. Masukkan sambal cabai dendeng, goreng sebentar. Kemudian tambahkan kaldu rebusan dendeng, rebus sampai mendidih dan air agak menyusut. Masukkan daging dendeng goreng. Koreksi rasanya dan masak sampai bumbu meresap. 
7. Dendeng batokok siap dihidangkan.

nah anda sudah bisa membuat dendeng batokok di rumah seperti restoran padang, kini anda bisa membuatnya setiap saat untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba dan jangan lupa untuk di share

Post a Comment for "Resep Dendeng Batokok | Cara Membuat Dendeng Batokok khas Sungai Penuh Super Enak | Kompilasitutorial.com"

close