Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Lemang Kantong Semar | Cara Membuat Lemang Kantong Semar khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Di Jambi terutama di daerah sungai penuh dan kerinci ada kuliner yang unik dan langka untuk anda jumpai. bahkan sangat langkanya, daerah asalnya juga tidak bisa untuk membuat dan menyantapnya setiap hari. kuliner ini di kenal dengan lemang kantong semar atau kancung beruk lemang atau bahasa melayu lemang cawan kera. 

untuk alasan bisa jarang di temui di karenakan lemang kantong semar hanya di buat dalam satu acara adat yang setahun sekali di lakukan. kuliner ini biasanya di buat serta di sajikan saat acara kenduri suko / kenduri adat yang biasa di gelar pada bulan agustus dan september.

kuliner ini mempunyai bahan dasar yang sudah biasa di gunakan seperti beras ketan, santan dan garam. yang membuat bahan itu unik adalah ketiga bahan tersebut di bungkus dengan tanaman kantong semar yang di kenal sebagai tanaman pemakan serangga yang banyak di temukan di sungai penuh dan kerinci.
lemang kantong semar di sajikan untuk makanan pengganti nasi yang di sajikan dengan lauk seperti gulai dan kuah kacang. jika anda ingin menyantap sebagai makanan penutup, anda dapat menikmati bersama dengan kuah srikaya. kuliner ini mempunyai cita rasa yang gurih, manis dan tentunya sangat lezat.

untuk proses pembuatan lemang kantong semar cukup mudah dan simple. kantong semar yang di petik dan di bersihkan terlebih dahulu, untuk batangnya dibiarkan agar tidak bocor saat diisi campuran beras ketan, santan serta garam dan selanjutnya di kukus hingga matang.

bagi anda yang berkunjung di sungai penuh dan kerinci untuk menikmati lemang kantong semar ini tidak perlu lagi untuk menunggu waktu acara adat di karenakan lemang kantong semar di pilih sebagai makanan tradisonal yang populer. jadi anda bisa menikmati lemang kantong semar ini setiap hari. untuk membuat lemang kantong semar juga sangat mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah tapi dengan satu syarat, anda harus punya tumbuhan kantong semarnya. untuk resep membuat lemang kantong semar sudah kami sajikan di bawah ini

Resep Lemang Kantong Semar
Bahan:
-1 kg beras ketan
-250 gr kacang tolo
-3 liter santan kental
-2 sdm garam
-10 bh bawang putih
-Secukupnya periuk kera/sarang semar

Cara Membuat:
-Pertama bersihkan periuk kera/ kantong semar.bersihkan dari kotoran yang menempel.gunting bagian atasnya
-Gunting bagian bulu halusnya kemudian rendam dan sikat bersih semua bagian dalamnya
-Sebelum membersihkan cawan kera/kantong semar terlebih dahulu cuci bersih kacang tolo kemudian rendam dengan air panas.kurang lebih 1 jam.kemudian tiriskan.cuci bersih juga beras ketan kemudian tiriskan .peras santan.tambahkan garam aduk rata.campurkan semua bahan jadi 1.tambahkan ulegan bawang putihnya
-Aduk biar tercampur rata.setelah itu isikan ketan dalam periuk kera/kantong semar kurang lebih 3/4 bagian
-Tambahkan 2 sdm santan ke dalamnya.tata rapi dalam panci kukusan.kemudian kukus kurang lebih 1 jam.
-angkat dan biarkan dingin
-Lemang sudah siap untuk di sajikan.

nah itu tadi cara mudah membuat lemang kantong semar atau lemang periuk kera atau lemang cawan kera semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk subscribe kanal youtube kami di bang zen pati disana anda anda menemukan berbagai macam tutorial terhangat

Post a Comment for "Resep Lemang Kantong Semar | Cara Membuat Lemang Kantong Semar khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com"

close