Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Soto Semurup | Cara Membuat Soto Semurup khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Soto adalah kuliner khas indonesia yang di manapun bisa anda temukan, kuliner berkuah ini di setiap daerah mempunyai racikan yang berbeda. kuliner ini ada yang mempunyai kuah bening maupun yang mempunyai kuah santan. biasanya, soto di beri nama sesuai dengan nama daerahnya misalnya soto betawi,soto kemiri yang berada di pati  jawa tengah, soto boyolali,soto medan dan lain sebagainya. 

Untuk penamaan soto, di ambil berdasarkan bahan soto yang di gunakan sebagai contoh soto babat, soto ayam dan lain sebagainya. untuk itu nama soto bukan berarti dari nama daerahnya saja

Jika di daerah sungai penuh, ada soto yang paling enak yaitu soto semurup. soto semurup ini juga bisa anda temui di daerah kerinci. namun, cita rasa soto semurup berbeda di setiap warung makan atau restoran. akan tetapi kuahnya yang segar, enak serta gurih bisa menggugah selera dan selalu kangen bagi orang asli sugai penuh di perantauan.

Kuah soto semurup mempunyai aroma bumbu rempah yang di racik dengan bahan seperti soun, daun seledri, bawang goreng, perkedel kentang, daging yang di iris.

untuk cara penyajian soto semurup ini, mangkok di masukkan soun, perkedel, irisan daging kemudian di siram dengan kuah soto dan di beri toping bawang goreng serta daun bawang. soto semurup ini biasanya di nikmati dengan nasi putih hangat, untuk tambahan bisa anda tambahkan kecap, sambal dan lainnya sesuai dengan selera anda.

Soto semurup ini hampir mirip dengan soto padang, untuk bedanya soto semurup tidak memakai kerupuk merah khas padang. soto semurup ini sudah melegenda.
jika anda ingin mencoba untuk membuat soto semurup ini, anda bisa membuatnya di rumah. sebagai acuan, di bawah ini sudah kami sajikan resep membuat soto semurup yang pastinya segar, enak, gurih. untuk resep soto semurup bisa anda ikuti resepnya di bawah ini.

Resep soto semurup khas sungai penuh
Bahan :
-1/2 daging sapi
-air
-3 cm lengkuas, memarkan
-2 batang serai, memarkan
-3 butir kapulaga
-5 butir cengkih
-2 bunga lawang/pekak
-5 lembar daun jeruk
-garam secukupnya
-1 sdt merica bubuk
-1 sdt bubuk kari
-2 batang daun bawang, iris
-minyak, untuk menumis 

Bahan Halus:    
-12 butir bawang merah
-7 siung bawang putih
-3 cm jahe
-1 cm kunyit

Cara membuatnya :
- Rebus daging bersama lengkuas dan garam hingga lunak, angkat dan tiriskan daging serta saring kaldunya.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai, daun jeruk, kapulaga, cengkih, dan bunga lawang
- Tuang sisa air kaldu beserta dagingnya, tambahkan garam, bubuk kari, dan merica. Didihkan dengan api kecil, lalu masukkan daun bawang
- Tiriskan daging dan potong pipih. Jika ingin kriuk-kriuk daging digoreng terlebih dahulu, atau bisa langsung sajikan
- Siapkan mangkuk lalu, masukan bahan pelengkap soto yakni soun, perkedel, daging yang kita iris tadi dan kuah soto. Taburi bawang goreng dan daun bawang

acuan di atas adalah cara membuat soto semurup khas sungai penuh yang kini bisa anda coba untuk membuatnya di rumah. untuk menikmati soto semurup tidak hanya tinggal kenangan saja. selamat mencoba


Post a Comment for "Resep Soto Semurup | Cara Membuat Soto Semurup khas Sungai Penuh | Kompilasitutorial.com"

close