CARA MUDAH MEMBUAT BREM PADAT | RESEP MEMBUAT BREM KHAS MADIUN | BREM PADAT KHAS MADIUN JAWA TIMUR

Kompilasitutorial.com- Brem adalah salah satu makanan khas kota Madiun yang selalu banyak diburu oleh anak-anak muda dan anak kecil.Brem terbuat dari fermentasi beras ketan yang mengandung banyak manfaat seperti mengurangi jerawat karena kandungannya baik untuk kulit. Namun Anda juga tidak boleh berlebihan mengonsumsi brem karena brem mengandung kadar gula yang tinggi.Brem sendiri menjadi icon jajanan yang khas dari kota Madiun. makanan ini mungkin tidak asing lagi bagi anda, makanan ini berbentuk kotak padat yang merupakan kuliner tradisional. penghasil brem di indonesia yaitu kota madiun dan wonogiri. brem di madiun berwarna kekuningan serta berbentuk lempeng sedangkan brem dari wonogiri berbentuk bundar dan pipih. rasa keduanya sama-sama enak dan cocok untuk bersantai bersama keluarga. di bali dan nusa tenggara, anda bisa menemukan brem cair. brem tersebut di buat dari fermentasi ketan putih atau ketan hitam dan biasanya di gunakan umat hindu untuk acara keagamaan. dan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat brem dari madiun. jika anda berkunjung ke madiun, pasti anda akan mudah menemukan kuliner ini dan harganya juga terjangkau. jika anda ingin membuatnya di rumah silahkan saja, karena ke madiun mungkin cukup jauh sehingga bisa menguras tenaga, waktu juga keuangan anda. sekarang ada solusinya yaitu membuatnya di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini. caranya sangat mudah sekali dengan bahan yang murah hanya saja membutuhkan kesabaran yang ekstra karena cara pembuatan masih tradisional. jika sudah jadi, bayangkan anda menggigitnya. yuk simak cara membuat brem khas madiun

CARA MEMBUAT BREM KHAS MADIUN
Bahan yang harus disiapkan:
-Beras ketan secukupnya
-Ragi dan soda kue secukupnya

Cara membuatnya:
-Cuci beras ketan sampai bersih kemudian rendam sebentar.
-Angkat kemudian kukus kurang lebih 1 jam.
-Setelah itu, difermentasikan ata proses peragian dengan menambahkan ragi kemudian didiamkan selama 7 hari.
-Selanjutnya, proses pengepresan atau pemekatan untuk mendapat sari yang dihasilkan ketan yang telah difermentasi.
-Rebus sari ketan dan aduk sampai mengental. Kemudian masukkan adonan ke dalam mesin pengaduk dan ditambahkan soda kue secukupnya.
-Masukkan adonan ke dalam cetakan yang berbentuk persegi panjang lalu diamkan selama semalaman.
-Jika brem sudah memadat, keluarkan dari cetakan dan brem siap untuk dinikmati.

nah  itu tadi cara mudah membuat brem padat khas madiun. caranya sangat mudah bukan , hanya saja membutuhkan kesabaran karena masih tradisional. bagi anda yang merantau cocok buat mengobati rasa rindu akan kampung halaman. di simak terus yuk karena akan update resep masakan nusantara lainnya, cake, minuman segar dan lain sebagainya.

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aku mabok memakanya berlebihan sehingga seperti melayang2 ke angkasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga fermentasi kak, tau sendiri kan pasti ada sedikit al**hol

      Delete

silahkan di share