CARA MEMBUAT BUMBU PECEL PEDAS MANIS | RESEP BUMBU PECEL KHAS MADIUN | KOMPILASITUTORIAL.COM

Kompilasitutorial.com - Bagi sebagian besar orang Indonesia, makan tidak akan enak jika belum ada sambal di meja makan. Sambal ini biasanya disandingkan dengan sayur-sayuran sehat seperti kacang panjang, kecambah, bayam, kangkung dan mentimun. namanya adalah sambal atau bumbu pecel. Bumbu pecel adalah bumbu pelengkap yang membuat hidangan pecel terasa lebih nikmat. Bumbu ini terbuat dari kacang tanah, cabai, gula jawa, daun jeruk dan beberapa bumbu rahasia khas Madiun.  bumbu pecel khas Madiun sendiri berbeda dengan bumbu lainnya karena memiliki sensasi dan cita rasa tersendiri. Dari bumbu inilah mengapa pecel Madiun menjadi ikonnya kota Madiun. jika Anda sedang berkunjung ke Madiun, maka jangan lupa untuk membawa pulang bumbu pecel ala Madiun ini. Bumbu pecel ini bisa Anda temui di pusat oleh-oleh Madiun. jika anda tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah, silahkan anda untuk mengikuti resep di bawah ini.

CARA MEMBUAT BUMBU PECEL PEDAS MANIS KHAS MADIUN
Bahan:
-1/4 kg kacang tanah (tanpa kulit, goreng hingga renyah)
-1 sdm air asam jawa 
-400 ml air hangat

Bumbu yang dihaluskan
-75 gram gula merah (sisir halus)
-5 buah cabai keriting (buang isi) 
-7 buang cabai rawit 
-5 siung bawang putih 
-1 siung bawang merah 
-4 cm kencur (kupas) 
-1/2 sdm garam halus 
-7 lembar daun jeruk (iris kecil-kecil)

Cara membuat:
-Siapkan semua bahan dan bumbu halus. 
-Jika sudah siap, letakkan kacang di cobek lalu tumbuk bersama air asam jawa dan bumbu halus sampai lembut. 
-Sambil ditumbuk, aduk rata bumbu agar bumbu tercampur rata dengan kacang tanah. 
-Usahakan untuk menumbuk kacang tanah saat membuatnya sebagai sambal. Hal ini agar rasa sambal pecel yang dihasilkan enak dan tekstur sambal pun tidak terlalu lembut atau terlalu kasar. 
-Setelah kacang tanang halus dan tercampur dengan baik bersama bumbu, encerkan sambal dengan air hangat.
-Sambal pun siap untuk disajikan.

nah itu tadi resep membuat sambal pecel pedas manis khas madiun. caranya sangat mudah bukan? kali ini anda bisa membuatnya buat keluarga tercinta anda. kuliner ini cocok di makan pada siang hari dan bisa di santap buat hidangan keluarga anda. jika anda ingin membuat kuliner nusantara lainnya silahkan untuk stan by di kompilasitutorial.com karena akan terus update resep kuliner nusantara, resep cake, cara membuat minuman segar, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share