Resep Mie Sagu Kuah Khas Bengkalis Riau ala Rumahan

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari kabupaten bengkalis riau adalah mie sago atau biasanya di sebut sebagai mie sagu. mie ini wajib anda coba bagi anda yang suka kuliner mie, mie sagu ini mempunyai bahan dasar dari sagu asli. mie sagu ini merupakan makanan kesukaan masyarakat bengkalis dari jaman dahulu hingga sekarang meskipun sudah banyak makanan modern. anda bisa menjumpai mie ini di selat panjang, tebing tinggi dan kepulauan meranti yang pernah menjadi bagian dari kabupaten bengkalis. salah satu mie sago yang terkenal di bengkalis adalah mie goreng lempeng sago. mie goreng ini mempunyai bahan penyedap yang terbuat dari ikan teri, potongan daun kucai, serta toge. mie ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang khas membuat para pecinta kuliner mie menjadi ketagihan. apakah anda ingin mencobanya? silahkan datang saja ke bangkalis riau, di sana anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa. jika anda tidak punya waktu serta budget yang minim, tenang saja. di bawah ini sudah kami uraikan resep mie sago kahas bengkalis riau yang pastinya tidak kalah enak.

Cara membuat mie sagu kuah khas bengkalis riau ala rumahan
Bahan-bahan:
-500 gr mie sagu, cuci bersih dan tiriskan
-100 gr udang 
-Secukupnya tauge, seduh air panas
-1/2 btr bawang bombay, potong dadu
-1/2 btr tomat potong dadu

Bumbu dihaluskan:
-2 sdm ebi
-5 cabe merah kering
-2 cabe merah
-5 siung bawang merah besar
-3 siung bawang putih besar

Bahan lain:
-1 lbr daun bawang, potong 1 cm
-3 lbr daun seledri
-2 sdm kecap ikan
-2 sdm kecap asin
-1 sdm saus tiram
-Garam, gula, kaldu jamur
-Minyak goreng dan air
-Bawang goreng untuk toping

Cara membuat mie sagu kuah khas bengkalis riau ala rumahan:
-Buat dulu kuahnya. Rebus cabe kering hingga lunak. Rendam ebi dengan air panas hingga lunak. Haluskan semua bahan bumbu halus.
-Panaskan sedikit minyak. Tumis irisan daun bawang hingga pinggirnya kecoklatan, lalu bawang bombay. Setelah bening masukkan bumbu halus. Tumis hingga harum. Masukkan udang lalu tomat. Masak hingga bumbu benar-benar matang.
-Masukkan kecap ikan dan asin, saus dan sisa bumbu. Tambahkan air. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa, masukkan seledri dan matikan api.
-Penyajian. Sajikan mie sagu kuah saat mau disantap. Didihkan air, masukkan mie. Aduk-aduk sebentar saja mie akan lemas. Langsung angkat dan tiriskan. Pindah ke masing-masing mangkuk. Beri tauge dan ekstra seledri. Siram kuah udang, taburi bawang goreng dan sajikan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share