Resep Sempolet Bubur Sagu Makanan Khas Bengkalis Riau yang Enak ala Rumahan

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari bengkalis riau ini tidak terlepas dari sagu seperti halnya mie sago, makanan khas dari bengkalis ini adalah sempolet. sempolet atau biasa di sebut dengan kepuen merupakan sup kental dari bengkalis riau yang mempunyai kuah yang di buat dari tepung sagu. sempolet ini mempunyai cita rasa yang enak, unik bagi para pecintanya. siapapun yang menyantapnya pasti akan menjadi ketagihan, apalagi jika di masak dengan siput pasti mempunyai cita rasa yang semakin khas. sempolet mempunyai keunikan yaitu pemakaian cabe kering, bawang putih serta bawang merah yang di giling halus, merica dan udang kering sebagai bumbu penyedapnya. sempolet mempunyai rasa asam pedas yang menggugah selera makan anda apalagi di tambah dengan sayur kangkung atau pakis yang di tumis. berminat untuk mencicipinya? silahkan saja datang ke bengkalis riau, jika tidak punya waktu untuk pergi kesana? tenang saja, di bawah ini sudah kami sediakan resep sempolet yang pastinya enak meskipun anda seorang pemula sekalipun. simak yuk resepnya

Resep sempolet bubur sagu khas bengkalis riau
Bahan:
-50 gram pakis
-50 gram daun melinjo
-150 gram kangkung
-5 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-4 buah cabai merah
-2 sendok makan udang kering
-1 ½ sendok teh garam, atau secukupnya sesuai selera
-1 liter air
-5 sendok makan sagu
-6 sendok makan air, untuk melarutkan sagu

Cara membuat sempolet bubur sagu makanan khas bengkalis riau:
-Pertama, bersihkan pakis dan daun melinjo sampai bersih. Lalu petik-petik kangkung, dan cuci hingga besih.
-Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan udang kering.
-Panaskan 1 liter air dengan panci, lalu masukkan bumbu ke dalamnya. Tambahkan garam secukupnya. Panaskan hingga mendidih.
-Masukkan pakis dan daun melinjo, masak hingga matang, kemudian masukkan kangkung. Jaga agar sayuran tidak terlalu matang.
-Larutkan sagu dengan 6 sendok makan air, masukkan ke dalam rebusan sayuran. Masak sejenak, angkat dan sajikan selagi panas.

baca juga : cara mudah membuat mie sago kuah yang menggoda

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share