Resep Cucur Ringgit Khas Seluma Bengkulu yang Empuk

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari kabuoaten seluma bengkulu ini sangat istimewa namun sederhana yaitu cucur ringgit. cucur ringgit merupakan sebuah makanan tradisional yang mempunyai bahan dasar berupa tepung beras dan gula merah. kue ini mempunyai bentuk yang ulat dan mernyerupai gong yang mempunyai cita rasa manis dan gurih serta tekstur yang empuk. di namakan cucur ringgit karena bagian pinggirnya yang renyah dan terdapat lekukan seperti bunga. anda bisa mendapatkan cucur ringgit di desa air tera kecamatan seluma sehingga mendapatkan julukan pasar cucur karena banyak pedagang berjejer dengan membuat pondok kecil di pinggir jalan. di sana anda bisa melihat secara langsung cara pembuatan cucur ringgit dan menyantapnya secara langsung. cucur ringgit mempunyai harga yang sangat terjangkau, hanya seribu perak anda sudah bisa mendapatkan sebuah kue cucur ini. jika anda sedang ke seluma bengkulu tidak ada salahnya jika anda membeli kue ini untuk oleh-oleh di rumah. jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah juga sudah kami siapkan resepnya di bawah ini. jadi anda tidak perlu lagi mencari resepnya. selamat mencoba

Resep cucur ringgit yang empuk
Bahan-bahan:
-125 gr tepung beras
-100 gr terigu protein sedang
-130 gr gula merah
-50 gr gula pasir
-200 ml air
-1 lembar daun pandan
-1/4 sdt garam

cara membuat cucur ringgit yang empuk:
-Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampai hangat.
-Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yang telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mixer dengan speed rendah selama 5 menit.
-Istirahatkan adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental, bisa DITAMBAH AIR sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas tidak encer maupun kental. Karna kelembaban masing masing tepung tidak sama. 
-Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.
-Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yang sudah panas. Siram siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.
NOTE: jangan memakai minyak terlalu banyak, secukupnya saja. Minyak harus sudah panas tapi mememakai api kecil agar kue cucur bisa berserat bagus dan tipis.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share