SAMBAL TUMPANG KHAS BOYOLALI | MAKANAN KHAS BOYOLALI | RESEP MASAKAN BOYOLALI | CARA MEMBUAT SAMBAL TUMPANG BOYOLALI | TUTORIAL RESEP MASAKAN

SAMBAL TUMPANG KHAS BOYOLALI





Kabupaten Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah Timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Umumnya orang luar mengenal Boyolali sebagai kota penghasil susu sapi maupun kota pemasok daging sapi terbesar ke seluruh kota di Indonesia. Wajar jika berbagai macam olahan kuliner berbahan dasar susu sapi dapat dengan mudah kita jumpai di Boyolali.
Sesuai dengan julukannya, jika berkunjung ke Boyolali maka tak lengkap rasanya bila kita tidak menikmati susu segarnya. Segar disini dalam artian susu murni alias masih mentah tanpa diolah terlebih dahulu. Namun jangan kuatir, umumnya para penjual susu sapi di Boyolali pastinya akan menawarkan ke kita terlebih dahulu, mau minum susu sapi original maupun yang sudah dimasak / diolah.

Makanan khas boyolali salah satunya adalah nasi tumpang, bisa juga pecel. jika mau membuatnya sangatlah mudah, di sini kita berbagi resep masakan nasi tumpang khas boyolali

Bahan utama:
-200g tempe dan potong-potong
-350ml santan kental sedang
-2cm lengkuas
-2lembar daun salam
-2lembar daun jeruk
-2sdm gula jawa, sisir halus
-garam secukupnya
-1sdt Ro**o Kaldu Ayam

Bumbu halus:
-4buah cabai merah besar
-6buah cabai rawit merah
-5butir bawang merah
-4siung bawang putih
-1cm kencur

Bahan pelengkap:
-sayuran rebus
-kemangi
-ketimun
-rempeyek

Cara membuat:
1.Rebus bahan bumbu halus hingga layu dan matang. Angkat dan haluskan.
2.Rebus tempe hingga empuk. Ulek kasar jangan terlalu halus.
3.Ke dalam panci; masukkan bumbu halus, tempe halus, santan, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Masak hingga mendidih. Tambahkan Ro**o Kaldu Ayam, garam, dan gula merah. Masak sampai bumbu meresap. Koreksi rasa dan angkat.
4.Sajikan dengan pelengkap.

selamat mencoba, dan selamat berkreasi

baca juga : cara membuat soto klethuk khas blora

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share