AYAM LODHO MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG | CARA MEMBUAT AYAM LODHO MAKANAN KHAS TULUNGAGUNG | RESEP AYAM LODHO KHAS TULUNGAGUNG JAWA TIMUR

Ayam Lodho -Makanan Khas Tulungagung yang pertama adalah Ayam Lodho Bakar. Makanan Kota Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit semua kalangan, mulai dari masyarakat sekitar Tulungagung sendiri, wisatawan lokal, bahkan hingga wisatawan asing sangat menyukai makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini. Makna dari nama Ayam Lodho inipun tidak di ketahui secara pasti. Kalo Lodho dalam Bahasa Jawa tidak mengacu pada kata “Pedas” yang menjadi ciri utama masakan ini. Istilah lain, Lodho, berarti empuk sampai dagingnya, moprol. Beberapa orang tua meyakini bahwa lodho bermakna makanan gurih dari santan yang sudah sangat kental. Masakan ayam lodho ini hampir sama dengan opor. Hanya saja ayamnya diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Karena cara memasaknya yang lama dan sulit, Ayam Lodho sempat redup populatitasnya. Tetapi, sejak kuliner tradisional kembali trendy , Ayam Lodho pun tampil kembali meramaikan pesta kuliner Jawa Timur yang dinamis. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Tulungagung Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep ayam lodho khas tulungagung
Bahan:
-1 ekor ayam kampung
-1 butir kelapa, kupas, parut, ambil 250 ml santan kental dan 500 ml santan encer 

Haluskan:
-10 butir bawang merah
-10 siung bawang putih
-3 (5 cm)ruas jari kunyit
-2 (4 cm) ruas jari jahe
-1 (2 cm) ruas jari kencur
-2 cabai merah keriting, rebus
-2 sdt garam

Bumbu Kasar:
-1 sdm merica butiran, tumbuk kasar
-1 sdm ketumbar, tumbuk kasar
-1 sdt jintan
-100 g cabai rawit
-1 jempol (3 cm) lengkuas, iris kasar
-3 batang serai, memarkan
-3 lembar daun jeruk purut
-2 lembar daun salam

Cara membuat:
-Belah ayam dari bagian dada depan ke bawah, lalu bentangkan ayam hingga terbuka lebar.
-Lumuri garam dan bakar di atas bara api hinggasetengah matang.
-Tumis bumbu kasar hingga wangi.
-Masukkan bumbu halus, aduk hingga wangi dan matang.
-Tambahkan santan encer ke dalam tumisan. Didihkan.
-Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk purut.
-Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih.
-Tambahkan santan kental. Teruskan memasak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi sangat kental (dalam bahasa Jawa disebut: mblondho).
-Sebaiknya masakan ini disimpan semalam, dan dipanaskan kembali keesokan hari untuk disantap dengan nasi gurih (nasi uduk) dan urap sayur.

Demikian cara mudah membuat ayam lodho makanan khas Tulungagung jawa timur dan nantikan resep nusantara lainya hanya disini. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share