KUE LOMPONG MAKANAN KHAS PURWOREJO | RESEP KUE LOMPONG KHAS PURWOREJO JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT KUE LOMPONG KHAS PURWOREJO

Kenyal dan manis legit. Itulah rasa yang muncul dari makanan khas Purworejo, Jawa Tengah yakni kue lompong. kue lompong ini tak tampak seperti jajanan kue pasar lainnya yang berwarna cerah. Kue lompong berwarna hitam legam, dibungkus dengan daun ketika dibelah, kue lompong memiliki isi berwarna cokelat. Warna hitamnya berasal dari abu batang talas yang dibakar lalu disaring dan diambil air talasnya. Talas = Lompong (Bahasa Jawa) dibungkus dengan daun pisang yang dikeringkan secara alami alias menggunakan perantara panas cahaya matahari.
Jika berminat ingin mencicipi kuliner khas purworejo ini silahkan datang ke purworejo, dan jika anda mungkin malas ke purworejo karena sibuk silahkan membuat sendiri dirumah. cara sangatlah mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. jangan beranjak ke situs yang lainnya, disitus ini banyak sekali resep masakan nusantara. simak baik-baik ya
cara membuat kue lompong khas purworejo:

 Bahan – bahan :
-Tepung ketan 200 gram
-Gula halus 2 sendok makan
-Garam ¼ sendok the
-Air abu merang 2 sendok makan untuk pewarna hitam
-Air panas secukupnya

Bahan isian :
-Tumbuk kasar 100 gram kacang tanah yang sudah di sangrai
-Gula merah 50 gram, sisir halus.( sesuai selera )
-Aduk rata

Cara Mengolahnya :
-Semua bahan seperti tepung ketan, gula halus, air abu merang dan gula di aduk rata
-Lalu Tuangkan air panas sedikit demi sedikit dan perlahan sambil di ulenin sampai adonan menjadi kalis dan bisa di pulung.
-Selanjutnya ambil sedikit adonan lalu isi dengan 1 sendok bahan adonan isian, bentuk pipih lonjong, lalu bungkus seperti membungkus tempe daun lalu ikat dengan tali.
-Terakhir annda kukus sampai matang dan jika sudah matang angkat dan sajikan.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share