Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AYAM KAMPUNG PEDAS KHAS BANYUWANGI | CARA MEMBUAT AYAM PEDAS KHAS BANYUWANGI | RESEP AYAM PEDAS MAKANAN KHAS BANYUWANGI

Saat liburan pasti anda ingin rasanya dengan suasana yang berbeda, dan jika anda sedang berlibur di jawa timur tidak boleh kelewatan buat ke banyuwangi salah satu kabupaten di jawa timur yang indah akan pantainya. Di sini juga anda akan menemukan berbagai macam kuliner khas banyuwangi salah satunya adalah ayam kampung pedas khas banyuwangi yang banyak di temukan di banyuwangi bagian selatan. Ayam pedas terdiri dari potongan ayam yang sudah di bakar dan di campur dengan kuah santan yang tidak begitu kental namun rasanya sangat pedas.Biasanya dalam seporsi di lengkapi dengan hati ayam dan telur rebus. Jika anda sedang liburan hanya di rumah saja namun ingin dengan makanan khas nusantara tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini. Anda bisa membuatnya dengan mudah serta bahan yang mudah di dapatkan di pasar tradisional. Kuliner ini terkenal rasa gurih, pedas dengan aroma daun kemangi yang segar dan khas. Ayam pedas sangat cocok di makan dengan nasi pulen yang hangat sehangat kasih sayang ibu rumah tangga terhadap keluarga tercinta. Jangan lupa pelengkapnya yaitu kerupuk atau rempeyek dll. JIka anda tertarik untuk membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

CARA MEMBUAT AYAM KAMPUNG PEDAS KHAS BANYUWANGI
Bumbu :
-8 butir bawang merah
-5 siung bawang putih
-1 cm kunyit
-1 cm jahe
-10-15 buah cabe rawit (sesuai selera)
-5 buah cabe merah keriting
-4 butir kemiri

Bahan-bahan:
-1 ekor ayam kampung (panggang lalu potong-potong)
-750 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
-1 batang serai (memarkan)
-1 ruas jari lengkuas (memarkan)
-4 lembar daun jeruk
-Garam, gula dan kaldu ayam bubuk secukupnya
-Secukupnya kemangi, petiki daunnya 

Cara membuat:
1. Potong-potong bumbu lalu goreng sampai matang, angkat, ulek sampai lembut, sisihkan.
2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak sisa menggoreng bumbu, masukkan kembali bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai, lengkuas dan daun jeruk, aduk sampai wangi, tuangi santan tunggu sampai santan mendidih.
3. Masukkan ayam, bumbui garam, gula merah dan kaldu bubuk, biarkan mendidih kembali dan bumbu meresap, tes rasa, taburi daun kemangi, angkat dan sajikan

Gimana?? caranya sangat mudah untuk di ikuti kan??!! silahkan untuk mencobanya di rumah dan selamat berkreasi
jangan lupa follow serta share ya 

2 comments for "AYAM KAMPUNG PEDAS KHAS BANYUWANGI | CARA MEMBUAT AYAM PEDAS KHAS BANYUWANGI | RESEP AYAM PEDAS MAKANAN KHAS BANYUWANGI"

  1. Replies
    1. silahkan kak, yang penting bermanfaat dan melestarikan makanan khas indonesia. kalo gak kita, siapa lagi yang mau mengenalkan kuliner khas indonesia

      Delete

silahkan di share

close