TERAPI YANG COCOK UNTUK KANKER PAYUDARA DAN CARA MENERIMA DIAGNOSA KANKER PAYUDARA

Kompilasitutorial.com ~ Cara menerima diagnosa kanker payudara tidaklah mudah, namun bagaimanapun anda harus menerimanya. Di bawa ini akan kami berikan beberapa tip untuk menerima diagnosa tersebut agar anda mudah untuk mengobati kanker tersebut dan lekas sembuh. 

Beberapa tips berikut bisa membantu Anda untuk menerima diagnosis dengan lebih bijaksana:
1. Jangan panik
Sisihkan waktu untuk diri Anda, agar memiliki kesempatan untuk memahami diagnosis dokter, mengerti jenis kanker yang Anda alami, memikirkan tindakan apa yang Anda lakukan selanjutnya dan bagaimana Anda akan menghadapinya. Bukalah jalur komunikasi dua arah dengan Dokter Anda. Komunikasi yang baik antara pasien dengan dokternya dapat membantu mencapai hasil optimal pengobatan kanker payudara.
3. Milikilah seorang “Breast Friend”
Breast Friend akan membantu menenangkan emosi Anda selama proses pengobatan tersebut berjalan, dan akan membantu Anda menanyakan hal-hal yang penting kepada dokter.
4. Kumpulkan semua informasi jika perlu dapatkan juga info dari situs kanker payudara di internet atau buku-buku.
5. Kumpulkan informasi dari dokter Anda dan informasikan juga kepada teman-teman terdekat dan keluarga agar mereka bisa membantu Anda memahami kondisi yang sedang dialami.
6. Kumpulkan semua informasi mengenai kanker payudara dalam satu file.
7. Bila perlu, bergabunglah dengan kelompok pendukung pasien

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker payudara merupakan penyakit yang sangat kompleks. Jenisnya berbeda-beda, berbagai proses yang berbeda bisa memicu pertumbuhannya. Seperti yang telah disebutkan, kanker payudara dengan HER2 positif terbukti lebih ganas daripada yang lain.
Jenis pengobatan tidak hanya tergantung pada jenis kanker payudara yang diderita, tetapi juga oleh faktor-faktor berikut:
• Ukuran tumor di payudara
• Letak tumor dan apakah tumor telah menyebar ke jaringan disekelilingnya atau ke organ-organ tubuh lainnya 

Pilihan terapi yang bisa di lakukan:
-Tahap pertama pengobatan kanker payudara adalah pengambilan sel-sel kanker. Prosedur yang dilakukan pada pasien kanker payudara ini tergantung pada stadium penyakit, jenis tumor, umur
dan kondisi pasien.Untuk meningkatkan hasil terapi, pembedahan biasanya diikuti dengan terapi tambahan (adjuvan) seperti radiasi, hormon, kemoterapi atau imunoterapi.

-Terapi hormon bekerja melawan kanker payudara yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh reseptor hormon yang positif atau tumor dengan status ER (estrogen) atau PR (progesteron) positif pada pemeriksaan jaringan patologi anatomi.Terapi hormonal tidak efektif jika dipakai pada jenis kanker payudara yang pertumbuhannya tidak dipengaruhi oleh reseptor hormon.

-Kemoterapi adalah pemberian obat untuk membunuh sel-sel kanker, diberikan dalam bentuk infus atau dalam bentuk oral (tablet). Kemoterapi biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi agar lebih banyak sel kanker yang dapat dibunuh melalui berbagai jalur yang berbeda.Capecitabine adalah tablet yang bekerja menyerang sel kanker saja tanpa menimbulkan ketidaknyamanan dan bahaya seperti pada kemoterapi infus konvensional.

-Radiasi adalah pengobatan dengan sinar-X yang berintensitas tinggi dan berfungsi untuk membunuh sel kanker. Radiasi biasanya dilakukan setelah pembedahan, untuk membersihkan sisa-sisa sel kanker yang masih ada. Radiasi bisa mengurangi risiko kekambuhan hingga 70%.

-Terapi fokus sasaran (targeted theraphy) adalah jenis pengobatan yang menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dengan cara menghambat molekul atau protein tertentu yang ikut serta dalam proses perubahan sel normal menjadi sel kanker yang ganas.Terapi fokus sasaran lebih efektif dari terapi lainnya dan tidak berbahaya bagi sel normal.

Jenis-jenis terapi fokus sasaran adalah:
• Terapi Antibodi Monoklonal 
Antibodi monoklonal adalah substansi yang diproduksi laboratorium yang akan mengenal dan mengikat suatu target spesifik (seperti misalnya protein) pada permukaan sel kanker.

• Anti-Angiogenesis
Terapi fokus sasaran lainnya yang kerap digunakan dalam penatalaksanaan kanker payudara adalah terapi anti-angiogenesis yang merupakan pendekatan baru untuk terapi kanker metastatik
(sudah menyebar).





0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share