Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kesehatan Baterai iPhone & Android Agar Lebih Awet dan Maksimal | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Kesehatan baterai, baik di iPhone maupun Android, merupakan faktor krusial untuk kelancaran penggunaan smartphone. Ketahui cara mengecek & merawat kesehatan baterai agar HP awet! Salah satu komponen terpenting menurut smartphone adalah baterai. Menjaga kesehatan baterai sangat diperlukan agar ponsel dapat berfungsi dengan baik secara permanen. Kesehatan baterai adalah periode ketika baterai digunakan sebelum diisi. Tentunya baterai yang sudah lama digunakan berdampak langsung pada perangkat. Namun, untuk menghindari penurunan kesehatan baterai yang berlebihan, baterai permanen dapat dirawat dengan baik. Meski pada akhirnya kesehatan baterai secara permanen akan menurun, setidaknya merawat baterai akan memperlambat penurunan kesehatan baterai tersebut. Untuk menjaga kesehatan baterai pada gadget, simak cara cek & perawatan kesehatan baterai iPhone & Android berikut ini

Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone
-Isi hanya hingga 80–90%, jangan sampai penuh. Mulailah mengisi daya lagi saat baterai setidaknya 20%.
-Hindari mengisi baterai semalaman.
-Matikan wifi/bluetooth saat tidak digunakan. Hal ini dapat menghemat penggunaan baterai, sehingga mengurangi siklus hidup baterai.
-Tidak jarang menutup pelaksanaannya. iPhone memiliki algoritme pintar yang mengatur kekuatan latar belakang aplikasi yang sedang dibuka, sehingga membuka dan menutup aplikasi akan mengganggu sistem. Dibutuhkan lebih banyak daya untuk membuka aplikasi baru daripada kembali ke aplikasi yang telah dibuka di latar belakang.
-Turunkan kecerahan & gunakan mode gelap. Mode gelap dapat menghemat daya hingga 30–63%. (Ini berlaku untuk smartphone yang menggunakan layar OLED).
-Lepaskan casing iPhone saat mengisi daya.
-Gunakan aksesori atau aksesoris Apple resmi yang menggunakan label tunjangan profesional MFi seperti Anker, Ugreen, Baseus.
-Hindari pengisi daya nirkabel
-Tidak disarankan menggunakan fast charging karena menyebabkan panas berlebih. Lebih baik menggunakan pengisi daya bawaan iPhone, yaitu lima watt.
-Hindari mengisi daya mobil atau powerbank Anda. Berbeda dengan menggunakan iPhone, ponsel Android tidak memiliki menu cek status baterai bawaan. Pengguna sebenarnya dapat melihat kondisi baterai dengan menekan tombol "#*#4636#*#*" pada menu dialer telepon dan memilih menu "Battery Information". Namun, tidak semua ponsel Android memiliki menu ini.

Sebagai alternatif, pengguna bisa menginstal berbagai program gratis yang beredar di Google Play Store untuk mengecek baterai, salah satunya adalah AccuBattery yang bisa diunduh di Play Store. Kondisi baterainya sendiri bisa dilihat pada tab "Kesehatan" pada aplikasi sebelumnya.
Namun, informasi ini tidak akan diketahui saat pengguna menginstal AccuBattery untuk pertama kali. Implementasi ini memakan waktu beberapa hari untuk mengkalibrasi kinerja baterai dan memperkirakan kapasitas pengisian ponsel, apakah kinerjanya masih bagus atau tidak.

Tips Perawatan Baterai Android
-Hindari pengisian hingga 100%. Hentikan pengisian daya baterai saat sudah terisi 80% agar tetap dalam kondisi prima.
-Hindari mengisi baterai semalaman.
-Jangan abaikan baterai yang benar-benar kosong untuk mematikan ponsel.
-Jangan mengisi daya di lokasi yang panas. Hindari juga penggunaan ponsel di lokasi yang suhunya ekstrem, baik panas maupun dingin.
-Jangan menggunakan ponsel atau bermain game saat mengisi daya.
-Gunakan charger dan kabel original yang kualitasnya terjamin.
-Aktifkan fitur penghemat baterai agar ponsel tidak terlalu sering diisi daya.
-Aktifkan Airplane Mode jika dirasa tidak ada aktivitas yang krusial. Agar bisa terhubung menggunakan koneksi internet pada mode ini, kamu bisa menggunakan jaringan WiFi yang tersedia.
-Perbarui sistem operasi perangkat. Biasanya, pembaruan akan meningkatkan kinerja ponsel secara keseluruhan, tidak terkecuali baterai.
-Gunakan tampilan serba gelap (dark mode) & redupkan tingkat kecerahan (brightness) layar untuk menghemat baterai.
-Matikan fitur GPS & lokasi di smartphone jika tidak diharapkan.

Post a Comment for "Cara Merawat Kesehatan Baterai iPhone & Android Agar Lebih Awet dan Maksimal | Kompilasitutorial.com"

close