Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kue Maksuba | Cara Membuat Kue Maksuba khas Lahat | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Pastinya anda belum banyak mendengar tentang kue yang satu ini, kue ini merupakan makanan khas dari lahat propinsi sumatera selatan. kue ini sangat cocok untuk camilan, nama kue ini adalah  kue maksuba. Menurut sejarahnya, kue ini di buat oleh seorang juru masak yang namanya panggong. panggong merupakan sebutan bagi seorang juru masak / koki. panggong ini mewarisi kemampuan untuk membuat kue maksuba secara turun temurun.

Untuk bentuknya, kue ini seperti kue lapis. kue maksuba ini mempunyai cita rasa yang manis dan mempunyai tekstur yang lembut. kue maksuba ini menjadi primadona kuliner dari sumatera selatan tentunya kabupaten lahat. konon katanya, seorang wanita sangat ideal untuk di jadikan istri jika sudah bisa untuk membuat kue maksuba ini. kue maksuba ini wajib di sajikan acara tertentu saja misalnya acara pernikahan dan lebaran.  

Untuk membuat kue maksuba dari lahat ini sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah. untuk cara membuat kue maksuba sudah kami sediakan resepnya di bawah ini

Resep Kue Maksuba
Bahan-bahan :
-25 butir telur (kalau bisa telur bebek)
-250 gram gula pasir
-250 gram margarin, lelehkan
-1 kaleng susu kental manis putih
-1 sendok teh vanilla essence

Cara membuat :
-Siapkan loyang berbentuk persegi, olesi dengan margarin agar nggak lengket
-Siapkan dua wadah untuk adonan. Wadah pertama untuk adonan inti, yang kedua untuk adonan pelapis.
-Masukkan semua telur, gula dan vanilla ke wadah pertama, kocok semua hingga merata, sisihkan terlebih dahulu.
-Pada wadah kedua, masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan 1 kaleng susu kental manis, aduk hingga rata.
-Setelahnya, masukkan adonan yang ada di wadah pertama ke dalam loyang, sedikit saja. Ini sebagai lapisan pertama. Jangan lupa tepuk-tepuk loyang agar adonan merata
-Panggang adonan di dalam oven selama sekitar 10 menit hingga kecoklatan, lalu keluarkan dari oven.
-Tuangkan sedikit adonan dari wadah kedua, ke atas lapisan yang sudah matang tadi. Ratakan, lalu panggang kembali hingga matang.
-Setelah matang, keluarkan adonan, tuang adonan dari wadah pertama ke atas Maksuba yang sudah matang tadi, ratakan, lalu panggang kembali.
-Ulangi proses di atas hingga adonan habis dan lapisan Maksuba sudah sempurna. Umumnya membutuhkan waktu 3 jam untuk mencapainya.
-Setelah matang, kue Maksuba siap dihidangkan

Nah itu tadi cara membuat kue maksuba khas dari lahat yang sangat orang jarang tahu, sekarang anda sudah tahu dengan kue maksuba ini jadi anda bisa membuat kue maksuba ini kapan saja anda mau. sajikan menu spesial ini untuk keluarga tercinta anda. semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share.

baca juga : Cara Membuat Hehancang Tehung yang Pedasnya Menggoda

Post a Comment for "Kue Maksuba | Cara Membuat Kue Maksuba khas Lahat | Kompilasitutorial.com"

close