Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CIMPLUNG MAKANAN KHAS BANYUMAS | CARA MEMBUAT CIMPLUNG SINGKNG KUAH GULA JAWA | RESEP MEMBUAT CIMPLUNG SINGKONG

Cimplung merupakan sebuah makanan tradisional dari sebuah daerah yang ada di Banyumas. Lebih tepatnya di desa Sudimara, Cilongok, Purwokerto, Banyumas. Mungkin kata cimplung berasal dari kata "cemplung" yang dalam bahasa Banyumasan artinya memasukan ke dalam air. 
Makanan Cimplung adalah makanan yang cara memasaknya bersamaan dengan proses pembuatan gula merah, gula merah yang dibuat dari air bunga kelapa atau yang disebut Nira (badeg). Bahan yang digunakan untuk membuat cimplung ini bermacam-macam, diantaranya ketela pohon (budin), kelapa muda (dawegan), keladi (tales). Proses pembuatan cimplung juga sangat mudah, bahan-bahan di atas setelah dicuci dan dibersihkan (dikupas) tinggal dimasukan saja ke rebusan air nira yang sudah mendidih. Makanan tradisional Cimplung sangat cocok dimakan hangat-hangat disertai dengan minum kopi. Jika anda menyukai makanan-makanan yang masih sangat tradisional, anda bisa berkunjung ke Banyumas, Jawa Tengah, dijamin anda akan menikmati makanan yang penuh petualangan.


cimplung singkong kuah gula jawa

cara membuat cimplung kuah gula jawa
Bahan-bahan:
-500 gram Singkong
-250 gram Gula Merah
-1/2 sdt Garam
-2 lembar Daun Pandan
-Gula Pasir secukupnya (optional)
-1000 cc Air

Langkah-langkah:
-Kupas singkong, potong-potong sesuai selera, lalu cuci bersih.
-Siapkan air dalam panci, masukkan singkong, garam, daun pandan. Masak sampai mendidih sampai air tinggal setengahnya.
-Masukkan gula merah, tunggu sampai gula mengental. Lalu aduk sesekali agar tidak gosong.
-Cicipi rasa, bila kurang manis bisa ditambahkan gula pasir.
-Masak sampai airnya menyusut dan singkong benar2 empuk & matang. Bisa ditambah air jika singkong masih belum empuk & matang benar.
-Pindahkan ke piring, dan singkong mandi gula siap dihidangkan hangat-hangat

selamat mencoba

Post a Comment for "CIMPLUNG MAKANAN KHAS BANYUMAS | CARA MEMBUAT CIMPLUNG SINGKNG KUAH GULA JAWA | RESEP MEMBUAT CIMPLUNG SINGKONG"

close