LONTONG TAHU KHAS BLORA | CARA MEMBUAT LONTONG BLORA | RESEP LONTONG KHAS BLORA

Lontong Blora terdiri atas 2 jenis olahan yaitu Lontong Tahu Blora dan Lontong Sayur Blora. Lontong Tahu Blora dapat dijumpai di Warung Mbak Tri Jl. Gunung Lawu (Prapatan SMP 11 Blora) yang buka mulai sore hari. Sedangkan Lontong Sayur Blora dapat dinikmati di RM Gajah Jl. Pemuda no 1 Blora.Kita akan membahas cara membuat lontong tahu dan lontong sayur khas blora jadi jangan khawatir jika ingin menikmati lontong khas blora. tapi yang paling disukai adalah lontong tahunya. perbedaan cuma pakai sayur dan sambal kecap aja. jika ingin makan dengan sayur cukup diganti dengan opor juga bisa.
lontong tahu blora


cara membuat lontong tahu blora
Bahan-bahan:
-5 buah Cabe rawit
-150 gr kacang tanah yg sudah di sangan atau di goreng
-1 ruas kencur
-garam secukupnya
-3 siung bawang putih
-120 ml kecap manis
-kol
-tauge
-4 buah Tahu putih, digoreng
-daun seledri dan jeruk nipis
-Lontong
-tempe, digoreng

Langkah - langkah:
-Ambil Cabe merah (jumlahnya sesuai selera), kencur, garam dan bawang putih diuleg bersamaan sampai setengah hancur, kemudian di campur dengan kacang yang sudah di tumbuk halus hingga benar-benar merata. Kemudian cairkan kecap manis dengan air hangat, sembari diberi beberapa tetes jeruk nipis. Setelah itu campurkan semua langkah tadi jadi satu hingga rata.

Cara penyajiannya : 
-Lontong diiris kecil-kecil, tarus dia atas piring saji, diatasnya dikasih potongan tahu, irisan kol mentah, tauge, kacang tanah goreng, kemudian di siram dengan sambal. Diatas sambal tak lupa ditaburi dengan dengan cacahan daun seledri dan bawang goreng. Sebagai pelengkap ditambah Tempe goreng atau krupuk ikan.

selamat mencoba


0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share