HOROG HOROG KHAS JEPARA | RESEP HOROG HOROG MAKANAN KHAS JEPARA | CARA MEMBUAT HOROG HOROG KHAS JEPARA

HOROG HOROG MAKANAN KHAS JEPARA

Jepara merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di Provinsi Tengah Indonesia. Mendengar kata Jepara, pasti anda banyak merelasikannya dengan tempat asal dari salah satu tokoh wanita berpengaruh di Indonesia, yakni R.A Kartini. Ya, kota dimana R.A Kartini ini berasal memang bukan sebuah kota besar, namun banyak ragam wisata dan kuliner yang menjadi daya tarik dari kota kecil ini. Dari menjadi pusat industri mebel, pembuatan kerajinan tangan dan ukiran, sentra konveksi, pembuatan keramik dan genting, pabrik-pabrik rumahan hingga banyaknya festival tahunan yang diadakan disini, membuat Jepara populer dikalangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.



Nah, jika anda sedang berkunjung kesini jangan pernah lupa untuk mencicipi setidaknya makanan khas asli dari Jepara yang sangat sayang jika anda tidak mencicipinya langsung disini.
Meskipun makanan khas Jepara masih bernuansa tradisional tapi soal rasa tidak kalah dengan makanan makanan modern lainnya salah satunya horog horog

cara membuat horog horog sangat mudah

Bahan-bahan:
-1 kg tepung beras
-700 gr gula pasir
-1 liter air
-Pewarna makanan
-250 gr kelapa parut (untuk taburan)
-secukupnya Garam

Langkah-langkah:
-Campur kelapa parut dengan garam sampai rata 
-Kukus kelapa yang sudah dicampur garam. Kukus juga tepung beras selama 15 menit (dikukus bersama, dengan wadah yang berbeda)
-Sambil menunggu kelapa dan tepung, masak air bersama gula pasir hingga gula larut 
-Setelah hangat, uleni tepung dengan gula pasir hingga dapat di pulung, tetapi tidak sampai kalis (jika terlalu manis, boleh mengurangi air gulanya dan diganti dengan air hangat biasa)
-Beri pewarna sesuai selera 
-Siapkan nampan dan pasrah (parutan yang memiliki lubang besar)
-Ambil dan pulung adonan lalu pasrah
-Setelah semuanya selesai, baru kukus lagi hingga 25 menit
-Hidangkan bersama parutan kelapa
  
Selamat mencoba 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share