GETI MAKANAN KHAS BLITAR | CARA MEMBUAT GETI KHAS BLITAR JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT GETI KHAS BLITAR

GETI- Namanya cukup singkat namun rasanya sangatlah nikmat. Geti merupakan salah satu makanan khas Blitar yang terbuat dari kacang, wijen, dan gula merah. Geti ini mempunyai rasa khas yang berbeda dengan produk daerah lain. Geti juga mempunyai gizi yang tinggi. Makanan khas Blitar ini biasanya disuguhkan sebagai cemilan khas Blitar pada hari raya juga pada hajatan pernikahan. Enting enting kacang wijen atau juga yang disebut GETI ini terbuat dari paduan kacang tanah,wijen dan gula kelapa,,dan rasa yang dihasilkan dari paduan bahan bahan tersebut adalah rasa manis,gurih dan enak. Geti umumnya terbuat dari kacang tanah atau wijen ataupun gabungan dari keduanya. Kacang tanah dan biji wijen direkatkan dengan rebusan gula merah yang pekat kemudian dikeringkan. Geti terbuat dari kacang kacang tanah, wijen dan gula merah. Geti mempunyai cita rasa yang khas,meskipun tidak ada varian rasa. Karena jajanan ini masih mempertahankan ciri khas rasa dari pendahulunya dengan rasa yang khas tersebutlah,GETI ini banyak yang meminatinya. Geti ini mirip sekali dengan camilan enting-enting, namun beda dalam rasa dan penampilannya. Soal rasa, geti tidak kalah dengan jenis camilan lainnya. Rasa geti tidak terlalu manis seperti enting-enting. Karena campuran gulanya tidak sebanyak enting-enting. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Blitar Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara.

Resep Geti khas blitar
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
-Kacang tanah 1 kg, tanpa kulit ari atau dengan kulit ari 
-Gula merah 500 gram 
-Gula pasir 500 gram 
-Wijen secukupnya disangrai untuk campuran 
-Vanili secukupnya 
-Air secukupnya 
-Wijen secukupnya

Cara membuatnya:
-Pertama-tama, sangrai dulu kacang tanah hingga matang, atau berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan tumbuk kacang tersebut, tapi jangan sampai terlalu halus. 
-Langkah selanjutnya, campur gula merah, gula pasir, dan vanili menjadi satu, kemudian tambahkan air secukupnya. Masak atau rebus sambil diaduk-aduk hingga gula larut dan mengental menjadi seperti sirup. 
-Setelah itu masukkan kacang tanah, ke dalam air gula yang mengental tersebut dan aduk-aduk agar tercampur rata dan mengental.  
-Masukkan adonan loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak, lalu ratakan. Usahakan dalam membentuk geti ini jangan terlalu tebal, agar dalam proses pemotongan pada nantinya lebih mudah. 
-Potong geti menjadi ukuran yang sesuai selera. Kemudian bungkus dengan plastik kemasan atau pembungkus agar kue geti lebih awet dan tidak melempem karena terkena udara.
-geti siap di sajikan

cara sangatlah mudah, jika anda ingin membuatnya silahkan ikuti cara diatas dan nantikan resep nusantara lainnya hanya disini. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share