SEGO BANTING KHAS NGANJUK | CARA MEMBUAT SEGO BANTING KHAS NGANJUK | RESEP SEGO BANTING KHAS NGANJUK

Kompilasitutorial.com- nah jika berbicara kuliner dengan nama yang unik, nganjuk salah satunya. kemarin kita sudah bahas cara membaut dumbleg, nasi becek, dan sekarang kita akan bahas cara membuat sego banting. sego banting merupakan salah satu makanan khas nganjuk yang hampir mirip dengan sego / nasi kucing. yang membedakan sego banting dengan nasi kucing adalah terletak pada porsi dari nasi yang ada pada sego banting yang cenderung lebih banyak jika di bandingkan dengan sego kucing. selain itu juga, di dalam sego banting juga telah di tambahkan cabe merah yang pastinya menambah rasa pedas.seiring berjalannya waktu, sego banting menjadi sebuah sajian yang di sukai berbagai kalangan. sego banting biasanya di dapatkan di warung lesehan pinggir jalan waktu menjelang malam dan harganya pun sangat terjangkau. tampilannya yang sederhanan namun tidak bisa di remehkan cita rasanya. jika anda sedang berkunjung ke nganjuk silahkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. jika anda ingin membuatnya di rumah buat sajian untuk keluarga tercinta, silahkan untuk mengikuti resep di bawah ini.

CARA MEMBUAT SEGO BANTING KHAS NGANJUK
Bahan Nasi
-400 gram nasi putih
-Daun pisang sebagai wadah

Bahan Kering Tempe
-300 gram tempe yang sudah dipotong dengan bentuk korek api, goreng.
-3 siung bawang putih yang sudah diiris-iris
-5 siung bawang merah yang sudah diiris-iris
-2 cm lengkuas yang sudah diiris-iris
-5 buah cabe yang sudah diiris serong. Jumlah cabe ini juga dapat Anda kurangi atau tambahi sesuai selera Anda dengan tingkat kepedasannya.
-50 ml air
-Gula merah sesuai selera Anda, iris.
-Garam secukupnya
-Minyak goreng secukupnya.

Bahan Balado Teri
-150 gram ikan teri yang sudah digoreng kering
-Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus
-5 buah cabai merah atau sesuai selera Anda
-2 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-Sambal terasi
-2 cm lengkuas yang sudah diiris-iris

Cara Membuat :
-Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Atur sedemikian rupa hingga posisinya mudah terjangkau.
-Untuk membuat kering tempe, panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas hingga harum. Masukkan gula merah secukupnya. Tuangkan air, lalu masak hingga tampak berserabut. Selanjutnya masukkan tempe yang sudah diiris-iris. Aduk dan tambahkan garam. Masak hingga matang lalu angkat.
-Untuk membuat balado teri, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga matang. Selanjutnya masukkan teri, garam, dan gula. Aduk rata dan tunggu sampai matang. Angkat.
-Siapkan nasi pada wadah daun pisang. Tutupi bagian atas nasi dengan daun pisang untuk tempat lauk.
-Tempatkan lauk di atas daun pisang yang diletakkan di atas nasi.
-Sajian sego banting dengan selera anda
-Jangan lupa tambahkan irisan cabe merah untuk menambah rasa pedas

nah itu cara membuat sego banting khas nganjuk. caranya sangat mudah bukan? kini anda bisa membuatnya di rumah untuk sajian istimewa bersama keluarga tercinta. baca dan ikuti terus karena akan terus update resep masakan khas nusantara, cake, minuman segar yang pastinya murah dan menyehatkan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share