Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEPO KHAS NGANJUK | CARA MEMBUAT TEPO TAHU KHAS NGANJUK | RESEP TEPO TAHU KHAS NGANJUK

Kompilasitutorial.com- Jika berbicara kuliner memang tidak ada habisnya, apalagi semua daerah mempunyai makanan khas dengan ciri khas masing-masing yang pastinya membedakan daerah yang satu dengan daerah yang lainnya yang membuat ikon kota tersebut. salah satunya adalah kota nganjuk jawa timur. di nganjuk menyimpan berbagai macam kuliner khas yang pastinya nikmat rasanya. salah satunya adalah tepo, yang terkenal di nganjuk adalah tepo mbah umbruk. makanan ini merupakan makanan khas nganjuk yang berbentuk seperti lontong dan di bungkus menggunakan daun pisang dengan bentuk seperti kerucut. tepo ini biasanya di sajikan dengan tahu goreng atau tahu telur goreng dengan pelengkap yang terdiri dari toge, kol, seledri, dan bawang goreng. biasanya di tambahkan dengan sayur kacang panjang akan tetapi yang di ambil hanya bijinya saja atau kacang tolo. tepo ini di masak menggunakan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa yang bergitu lezat. Terakhir terdapat kecambah yang dicampur dengan irisan daun seledri sehingga memberi aroma khas. Langsung saja dipraktekkan dirumah supaya bisa makan bareng dengan keluarga tercinta. Dibawah ini kami sajikan resep membuat Tepo Tahu Nganjuk.

CARA MEMBUAT TEPO KHAS NGANJUK
Bahan :
-500 gram beras, cuci bersih tiriskan
-20 lembar daun pisang

Bahan Kuah dan Pelengkap:
-5 potong tahu putih, ukuran 5 x 5 cm, garami dan goreng hingga kecoklatan.
-200 gram kol, rajang halus
-100 gram tauge, siram air panas, tiriskan
-1 batang seledri cincang halus
-200 gram kacang tanah, goreng hingga kecoklatan.
-1 siung bawang putih
-1 sendok makan gula jawa
-1 ruas jari lengkuas
-2 lembar daun salam
-1/2 sendok teh cuka
-1/2 sendok teh garam
-1 buah tomat segar, cincang kasar
-4 siung bawang merah, iris dan goreng untuk taburan
-Kecap manis secukupnya
-Air + 300 ml

Cara membuat tepo :
-Bisa membuatnya seperti membuat lontong biasa, tumpuk 2 lembar daun dengan daun bagian atas sisi hijau menghadap ke atas agar warna lontong menjadi hijau. Semat salah satu ujungnya dengan lidi kemudian isi beras kira-kira separuh panjang lontong.
-Ketuk-ketuk lontong sehingga beras memadat kemudian semat bagian ujung lontong lainnya dengan lidi jangan lupa sisakan ruang karena beras akan mengembang. Agar beras menjadi lontong dan bukannya nasi, jangan mengisi beras terlalu banyak dan usahakan jangan sampai ada daun pisang yang robek atau bocor sehingga beras keluar dari lontong.
-Cara membungkus versi lainnya adalah tumpuk dua daun menjadi satu, dengan daun bagian atas sisi hijau menghadap keatas. Taruh kira-kira 3 sendok makan beras. Tekuk daun sebelah kiri dan kanan, kemudian masing-masing ujung kita tekuk kebelakang seperti ketika hendak membungkus kue nagasari/kue pisang. Semat dengan lidi pada pertemuan kedua ujung daun agar tidak terlepas.
Siapkan dandang/panci besar, alasi permukaannya dengan dua lembar daun pandan yang dipotong-potong. Tata lontong & tepo di dalamnya dengan posisi tidur, siram dengan air mendidih hingga semua permukaan lontong tertutup air.
-Rebus dengan api besar kira-kira 1 jam, jaga supaya air tidak sampai habis. Jangan buka tutup panci selama perebusan dengan api besar. Matikan api biarkan lontong selama 1/2 jam. Kemudian rebus kembali selama 1/2 jam. Angkat lontong, siram dengan air dingin dan tiriskan dengan posisi berdiri. Biarkan hingga benar-benar dingin.

Cara Membuat Kuah Gula Merah :
-Haluskan bawang putih dan gula merah kemudian didihkan air, masukkan bumbu halus, garam, salam dan lengkuas. Masak selama 2 menit. Matikan api dan angkat.
-Tuang kuah di mangkuk, tambahkan cuka. Sisihkan.

cara menyajikannya :
-Siapkan piring atau mangkuk. Isi piring dengan tepo yang telah dipotong-potong, tambahkan irisan kol, tauge dan seledri. Taruh diatasnya potongan tahu goreng yang diiris tipis. Siram dengan kuah gula merah & kecap manis, taburi dengan kacang tanah, bawang goreng dan tomat segar yang dicincang kasar. Lengkapi dengan sambal rebus dan kecap asin.

nah itu tadi cara membuat tepo khas nganjuk yang nikmat dan tentunya sehat. sajikan hidangan istimewa bagi keluarga anda dan tentunya murah. di sini anda akan menemukan berbagai macam resep masakan khas nusantara, cake, bolu, minuman segar yang menyehatkan dan lainnya. ikuti terus karena akan update info terbaru tentang resep masakan nusantara dan lainnya

Post a Comment for "TEPO KHAS NGANJUK | CARA MEMBUAT TEPO TAHU KHAS NGANJUK | RESEP TEPO TAHU KHAS NGANJUK"

close