ONDE-ONDE KETAWA / NJEBLOS KHAS NGANJUK | RESEP ONDE-ONDE KETAWA KHAS NGANJUK | RESEP ONDE-ONDE NJEBLOS KHAS NGANJUK

Kompilasitutorial.com- onde-onde adalah panganan yang sudah terkenal dan familiar dengan kita, dan merupakan salah satu panganan tradisional yang di sukai masyarakat indonesia. bahan isian onde-onde sangat terkenal dengan isian kacang hijau yang rasanya bikin kangen. bentuknya yang bulat dari campuran ketan dan tepung beras yang bertabur wijen. jika anda sedang berlibur ke nganjuk silahkan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. namanya sama dengan yang lainnya akan tetapi yang bikin unik nama belakangnya yaitu ketawa atau njeblos. Sekilas, Onde-onde ini memang mirip dengan onde-onde kebanyakan. Yang membedakan Onde-onde Ketawa ini dengan onde-onde yang lainnya adalah tidak terdapatnya isi di dalam onde-onde ini. Selain itu Onde-onde ini juga memiliki bentuk yang terpecah. jika anda ingin membuat santapan camilan yang unik ini silahkan untuk mengikuti resep di bawah ini.

CARA MEMBUAT ONDE-ONDE KETAWA / NJEBLOS
Bahan Utama
-300 gr tepung terigu serba guna
-80 gr gula pasir
-2 butir telur ayam
-2 sdm margarin Blue Band Cake & Cookie
-1 sdt baking powder
-¼ sdt soda kue
-Garam dan vanili secukupnya
-Wijen untuk taburan
-Air dingin
-Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:
1 Tepung terigu yang akan digunakan harus diayak terlebih dahulu agar tak menggumpal.
2 Campur tepung terigu dengan baking powder, soda kue, garam, dan vanili. Aduk hingga bahan-bahan kering tersebut tercampur rata. Kemudian sisihkan sejenak.
3 Siapkan wadah lain untuk mengocok margarin Blue Band Cake & Cookie dan gula pasir sampai tercampur rata.
4 Setelah margarin dan gula pasir tercampur rata, masukkan telur. Kocok kembali hingga semuanya tercampur.
5 Masukkan adonan tepung terigu ke dalam campuran margarin, gula pasir, dan telur. Aduk dengan sendok kayu secara perlahan-lahan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
6 Bentuk adonan dengan tangan dan usahakan agar ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil, supaya bagian dalam onde-onde ketawa matang sempurna ketika digoreng.
7 Oles air dingin pada permukaan adonan yang sudah dibentuk bulat. Lalu guling-gulingkan adonan pada wijen.
8 Belah bagian atas onde-onde hingga terbagi menjadi empat bagian.
9 Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Jika minyak sudah panas, gorenglah onde-onde ketawa hingga merekah dan warnanya menjadi kuning keemasan.
10 Onde-onde ketawa yang sudah matang siap diangkat dan ditiriskan. Hilangkan uap panasnya agar tekstur onde-onde ketawa jadi lebih renyah.

nah itu cara membuat onde-onde njeblos atau onde-onde ketawa ngakak. silahkan anda membuatnya di rumah buat keluar tercinta anda buat camilan pas nonton tv, santai bersama keluarga di temani teh hangat atau kopi panas. jika anda ingin membuat sajian isitimewa buat keluarga silahkan simak terus karena akan update setiap harinya makanan khas nusantara, manca negara, cake, minuman segar yang menyehatkan dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share