RESEP PRAKTIS DAN SEDERHANA CARA MEMBUAT MIE KOCLOK KHAS CIREBON JAWA BARAT

kompilasitutorial.com ~ kemarin kita sudah membahas cara membuat empal gentong makanan khas cirebon, untuk kuliner selanjutnya yang akan kita uraikan resepnya adalah mie koclok khas cirebon. sesuai dengan namanya, kuliner khas cirebon ini berbahan dasar mie. bagi anda seorang pecinta kuliner mie, sangat di sarankan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. menurut sejarah, konon mie ini sudah ada sejak tahun 1945. tidak kebayang kalau mie ini memiliki usia yang sama dengan indonesia. mie koclok ini di sajikan dengan ayam yang di suwir, irisan telur, tauge, dan tambahan daun bawang dengan kuah yang kental dan berwarna putih yang menambah cita rasa mie koclok ini semakin nikmat. jangan terlalu banyak membayangkan karena anda akan ngiler di buatnya, hehe. langsung aja cobain kuliner yang satu dengan mendatangi kota cirebon. jika terlalu jauh hanya untuk sekedar makan kuliner khas cirebon ini, anda jangan khawatir. kita akan memberikan resep praktis tentunya untuk membuat sajian istimewa mie koclok khas cirebon ini. simak yuk resepnya

Resep mudah cara membuat mie koclok khas cirebon
Bahan-bahan:
-1/2 ekor Ayam
-1 ltr air
-3 daun salam
-6 bawang merah
-3 bawang putih
-165 ml Santan kara
-2 sdm tepung beras
-1/2 sdm tepung tapioka/sagu
-Garam, gula, penyedap
-secukupnya Mie telor
-secukupnya Kol atau kubis
-secukupnya Toge
-secukupnya Telor rebus
-Daun bawang
-Bawang goreng

cara membuat mie koclok khas cirebon
~Kuah:
1. tumis 6 bawang merah dan 3 bawang putih yang telah di haluskan.
2.masukkan 1/2 ekor ayam lalu 3 lembar daun salam tambahkan dengan 1 liter air, rebus dengan api sedang. jika ayam sudah empuk, tiriskan. buang daun salam.
3.tambahkan santan kara 165 ml. aduk. gunakan api kecil.
4.dalam wadah lain campur 2 sdm tepung beras dan 1/2 sdm tepung sagu atau tapioka. beri 3 sendok air. aduk. masukkan ke dalam rebusan kuah sedikit demi sedikit sampai kental. kekentalan sesuai selera.
5.beri garam dan gula. kalau suka beri penyedap juga.
  
~Bahan pelengkap:
1.rebus mie telor sisihkan
2.rebus toge sisihkan
3.rebus kol sisihkan
3.rebus telor sisihkan
4.rajang-rajang daun bawang sisihkan
5.bawang goreng.
6.goreng ayam yang di rebus bersama kuah. potong-potong. sisihkan

~penyajian:
tata semua bahan pelengkap dari mulai mie telor, toge, kol, siram dengan kuah santan. tambahkan telor, ayam, daun bawang, terakhir bawang goreng. siap di sajikan.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share