RESEP PRAKTIS CARA MEMBUAT EMPAL GENTONG MAKANAN KHAS CIREBON JAWA BARAT

kompilasitutorial.com ~ kemarin kita sudah membahas cara membuat makanan khas cirebon yaitu docang, sekarang kita lanjutkan untuk membahas makanan khas cirebon selanjutnya yaitu empal gentong. kuliner ini sangat di kenal masyarakat cirebon, dan salah satu makanan khas andalan kota cirebon. kuliner ini di sajikan menggunakan kuali yang terbuat dari bahan dasar tanah liat. empal gentong di buat dari daging sapi yang di masak hingga memberikan daging yang mempunyai tekstur lembut sehingga mudah untuk mengkonsumsinya. oleh karena itu, membutuhkan waktu yang lama untuk memasak empal gentong ini yaitu kurang lebih sekitar 5 jam. bayangkan jika warung makan belum buka, istri anda ngidam. tidak kebayang bagaimana perasaan anda sebagai sang suami, namanya orang ngidam tahu sendirilah hehe. empal gentong ini di padukan dengan kuah gurih sedap dan pastinya anda tidak akan kecewa mencobanya. empal genting ini biasanya di sajikan dengan menambahkan jeroan seperti paru, babat, limpa, dan usus. harganya juga terjangkau jika di bandingkan proses memasaknya yang bergitu fantastis lamanya berkisar 5 jam dan di bandrol 17ribu hingga 25ribu. empal gentong ini paling enak di santap waktu musim hujan. jika anda ingin membuatnya di rumah untuk sajian istimewa keluarga anda, silahkan anda ikuti uraian resep empal gentong khas cirebon di bawah ini

Resep empal gentong khas cirebon
Bahan-bahan:
-500 gram daging sapi
-500 gram jeroan sapi (rebus sampai empuk, buang airnya)
-1 liter santan sedang
-1,5 liter air untuk merebus daging
-2 batang serai, memarkan
-1 ruas jempol lengkuas, memarkan
-2 lembar daun salam
-2 butir cengkeh
-2 butir kapulaga
-1 cm kayumanis
-1 ruas jahe, bakar lalu memarkan
-1 ruas kunyit, bakar lalu memarkan
-Secukupnya garam, gula dan kaldu sapi bubuk (optional)

Bumbu halus:
-10 butir bawang merah
-6 siung bawang putih
-4 butir kemiri, sangrai
-1 ruas jahe
-1 ruas kunyit, bakar
-1 sdt merica butiran

Pelengkap:
-Kucai, bawang merah goreng, cabe bubuk dan acar

cara membuat empal gentong khas cirebon:
-Didihkan air, masukkan jahe dan kunyit bakar, lalu masukkan daging, masak sampai daging empuk, angkat dagingnya lalu saring kaldunya, sisihkan.
-Masukkan kembali daging kedalam panci berisi kaldu sapi, masukkan juga jeroan masak dengan api kecil.
-Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahakan daun salam, serai, lengkuas, cengkeh, kayu manis dan kapulaga, aduk sampai matang, angkat, tuang kedalam rebusan daging.
-Masukkan santan, garam, gula dan kaldu sapi bubuk kedalam rebusan daging, masak sampai bumbu meresap, angkat daging dan jeroan lalu tiriskan.
-Potong-potong daging dan jeroan, ketika akan disajikan masukkan sebentar dalam panci berisi kuah panas, lalu tata dalam mangkuk saji, siram kuah, taburi kucai dan bawang goreng, sajikan segera dengan pelengkap.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share