CARA MUDAH MEMBUAT OROG OROG KHAS INDRAMAYU YANG SUPER ENAK

kompilasitutorial.com ~ kuliner khas indramayu yang selanjutnya adalah orog-orog. makanan khas indramayu ini sebenarnya lebih di kenal dengan nama kudapan. makanan ini terbuat dari tepung beras, gula merah serta parutan kelapa. pada zaman dahulu, kuliner ini hanya di temukan pada acara tahlilan pada hari ke tujuh orang meninggal. akan tetapi berbeda dengan zaman sekarang yang dapat di jumpai di mana saja. jika anda sedang di indramayu, orog orog ini bisa juga untuk buah tangan untuk di bawa pulang. jika anda tertarik untuk mencobanya di rumah, silahkan saja. cara pembuatannya sangat gampang dengan bahan bahan yang mudah untuk di dapatkan. di bawah ini akan kami uraikan cara membuat orog orog khas indramayu ini. simak yuk cara pembuatan orog orog khas indramayu ini

Resep orog-orog khas indramayu
Bahan-bahan:
-150 gram tepung beras
-50 gram gula merah, iris tipis
-100 ml air
-1 sdm gula pasir
-1 sdt garam
-2 lembar daun pandan, ikat simpul
-1/4 sdt vanili
-1 kompet daun pisang

Bahan Pelengkap :
-100 gram kelapa parut
-1/4 sdt garam

Cara membuat Orog-orog :
-panaskan dandang, lalu bungkus tepung beras dengan selembar daun pandan dan  kain tipis, lakukan pengukusan selama 15 menit.
-campurkan gula merah dengan air, tak lupa tambahakan gula pasir, garam dan vanili. Lalu aduk hingga tercampur rata.
-Jangan lupa angkat dulu tepung beras dari kukusan, lalu anda tambahkan campuran gula, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga adonan tercampur rata dan mengumpal.
-Tambahkan daun pandan dan kukus kembali selama 15 menit atau sampai matang.
-Tambahkan bahan pelengkap seperti kelapa parut dan garam,  lalu campurkan bahan tersebut dan aduk hingga rata, kukus selama 15 menit.
-potong orong dan kelapa parut menjadi empat bagian. Lalu masing-masing bagian dibungkus dengan daun pisang. Lakukan hingga selesai.
-Orog orog siap di sajikan

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share