CARA MEMBUAT NASI LENGKO MURAH MERIAH DAN SUPER LEZAT KHAS INDRAMAYU

kompilasitutorial.com ~ makanan khas indramayu yang selanjutnya adalah nasi lengko. makanan ini sangat di minati masyarakat karena sering di jadikan menu sarapan masyarakat indramayu. unutk membuat makanan ini cukup mudah, karena bahan yang mudah untuk di dapatkan seperti nasi dengan di tambahkan sayuran dan bahan pelengkap seperti tahu goreng, tempe goreng, toge, dan kucai. bumbu saus yang di pakai adalah bumbu kacang yang mirip dengan bumbu rujak atau pecel. apakah anda tertarik untuk mencobanya di rumah? di bawah ini akan kami sajikan sajian resep istimewa cara membuat nasi lengko khas indramayu. simak yuk cara pembuatannya

Resep nasi lengko murah meriah khas indramayu
Bahan-bahan:        
-1 papan Tempe
-5 buah Tahu Kotak kuning
-5 buah Timun
-1/4 kg Toge
-1 ons Kacang tanah
-3 buah Cabe merah
-3 siung Bawang merah
-2 siung Bawang putih
-2 lembar Daun jeruk
-Penyedap rasa dan gula secukupnya
-Garam secukupnya

Cara membuat Nasi Lenko :          
-potong dadu tempe. Lalu hasil potongan tersebut direndam ke dalam air dan tambahkan garam secukupnya. Sesudah direndam lakukan penggorengan.
-rendam tahu kedalam air dan kasih garam secukupnya. Lalu lakukan penggorengan dan angkat lalu tiriskan. Kemudian potong dadu tahu tersebut.
-Jika tempe dan tahu selesai digoreng, kemudian jadikan satu tempat dalam sebuah wadah. Kemudian cacah timur dan masukan kedalam wadah bersama temped an tahu.
-panaskan air kurang lebih satu gelas. Tunggu sampai mendidih dan letakan air ke dalam wadah plastik, lalu rendam toge ke dalam air panas tadi.
-Sambil menunggu togenya lunak, anda dapat melmpersiapkan bumbu sambalnya yaitu dengan cara siapkan Kacang, bawang merah, bawang putih, cabe,daun jeruk digoreng sampe setengah matang  hingga daun jeruknya kering.
-Sesudah bumbu digoreng, kemudian blender bumbu atau bisa juga ditumbuk. Lalu goreng kembali dengan sedikit minyak dan kita tambahkan dengan satu gelas air sekaligus tuangkan garam garam dan gula secukupnya. Lalu aduk hingga sedikit kental dan setelah itu diangkat.
-Untuk menghidangkan makanan ini yaitu dengan cara Nasi ditaburi tempe trus tahu, kemudian di bagian atasnya tambahkan timun dan paling atas toge secukupnya, jangan lupa kita siram dengan sambal satu sampai dua sendok serta kasih kecap agar tambah nikmat rasanya.



0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share