WAJIB TAHU! Fungsi RESONATOR Motor Pada Box Filter

 

foto sumber google

kompilasitutorial.com
~ selamat berjumpa lagi nih para rider di manapun anda berada. kali ini saya akan kembali membahas tentang kuda besi yang kerap kali kurang responsif. tapi tidak semua motor memakai ini ya, hanya motor tertentu yang memakai ini. saya pengguna baru motor yang menggunakan part ini, jadi saya akan mengulas masalah yang timbul jika part ini tidak ada. pasti banyak keluhan bagi anda yang kurang paham masalah mesin. jadi stay tune di sini ya

oke kita langsung saja nih, bagi anda pengguna motor sport khususnya pastinya anda sudah tidak asing asing lagi dengan ini yaitu resonator. resonator ini biasanya berbeda- beda bentuknya. ada yang seperti usus dan lain sebagainya. resonator bukanlah pajangan belaka, dan berfungsi penting untuk akselerasi kendaraan anda. 

resonator mempunyai fungsi untuk menampung udara cadangan di throttle body sehingga bisa di ambil kapan saja sehingga motor lebih responsif. jika tidak ada resonator, efek yang terjadi maka tarikan motor anda menjadi kurang responsif bahkan pada tarikan atas maka akan tersendat serasa kekurangan udara. hal ini pernah saya alami pada kecepatan 95km/jam, tarikan motor seperti kekurangan udara sehingga laju motor sedikit tersendat. jika tidak ada sebaiknya anda betot gas secara langsam saja sehingga pasokan udara yang masuk ke karbu stabil. 

untuk harganya juga bervariasi, tergantung motornya juga. kebetulan saya pengguna hinda cs1 yang ketika waktu beli tidak ada resonator sehingga saya akali dengan menutup lubang resonator. yang terjadi motor kurang responsif. saya dapat resonator beli di motor copotan , kalau baru jarang ada yang jual. saya beli dengan harga 20 ribu, cukup murah dengan harga segitu dengan barang yang langka.

di mana letak resonator? resonator biasaya terletak di saluran udara dari box filter menuju ke karbu, dan pastinya bentuknya berbeda dari motor yang satu dengan motor lainnya sehingga sulit untuk di substitusi. 

demikian pengalaman saya mengenai resonator yang bentuknya aneh dan sebagian orang memandangnya sebagai pajangan belaka. terima kasih atas perhatian anda dan sampai berjumpa lagi di lain waktu

baca juga: mesin cepat panas? silahkan cek bagian ini

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share