Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bawak Gulai | Cara Membuat Bawak Gulai Daun Lumai Tihau Kukuran khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Negara indonesia memang terkenal dengan suku dan budayanya sehingga terdapat beraneka ragam makanan khas yang tentunya mempunyai cita rasa yang lain dari pada yang lainnya. tanah indonesia sudah terkenal dengan tanah yang subur sehingga apapun yang di tanam pasti akan tumbuh dan menghasilkan. akan tetapi tidak semua tanaman tumbuh di wilayah indonesia, dikarenakan setiap daerah mempunyai kadar asam serta tingkat kesuburan yang berbeda. adapun tanaman yang merupakan ciri khas dari daerah tersebut sehingga akan sulit di temukan di daerah lainnya. Banyak sekali tanaman yang bisa di tanam di manapun sehingga untuk makanan khas dari daerah satu dengan daerah yang lainnya hampir sama bahkan sama untuk namanya, cara membuatnya. biasanya ada bahan yang memang membedakan makanan khas dari tiap daerah masing-masing.

Untuk makanan khas di sumatera selatan khususnya kabupaten muara enim, ada banyak terdapat makanan khas yang pastinya mempunyai cita rasa yang luar biasa nikmatnya dan salah satunya adalah bawak gulai. gulai dari kabupaten muara enim ini pastinya berbeda dengan gulai dari daerah lainnya di karenakan menggunakan bahan yang mungkin tidak di temukan di daerah lainnya. bawak gulai daun lumai tihau kukuran ini mempunyai cita rasa yang sangat luar biasa, jika anda sedang berkunjung ke kabupaten muara enim wajib anda coba untuk mencicipi bawak gulai daun lumai tihau kukuran ini di karenakan makanan khas ini belum anda dapatkan di daerah lainnya di seluruh indonesia. makanan ini memang patut anda coba, dan bisa di pastikan anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa di lidah anda jadi jangan lewatkan makanan khas bawak gulai daun lumai tihau kukuran.

Untuk membuat bawak gulai daun lumai tihau kukuran ini sangat mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. resep ini bisa anda coba untuk mengobati rasa rindu dengan kampung halaman anda dan juga bisa untuk sajian istimewa jika ada acara istimewa di rumah anda. jadi anda jangan ragu lagi untuk membuat sajian istimewa makanan khas dari kabupaten muara enim sumatera selatan yaitu bawak gulai daun lumai tihau kukuran yang pastinya nikmat banget. untuk resep cara membuat bawak gulai daun lumai tihau kukuran bisa anda coba, untuk resepnya bisa anda ikuti di bawah ini

BAWAK GULAI DAUN LUMAI TIHAU KUKURAN
Bahan-bahan :
- Daun Lumai ambil yang muda dan dibersihkan
- Tihau (Jamur) Kukuran bersihkan dan rendam sebentar
- 1/2 tepung beras
- Lima butir cabe merah dihaluskan
- Tiga siung bawang merah dihaluskan
- Dua siung bawang putih dihaluskan
- Satu batang daun bawang dipotong-potong
- Tiga buah cung diro (tomat kecil) di potong-potong
- Lengkuas dihaluskan
- Jahe dihaluskan
- Serai dihaluskan

Cara Membuat :
-Ulek semua bumbu sampai rata campurkan tepung beras. 
-siapkan air mendidih masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan tunggu sampai mendidih.
-Lalu masukkan Tihau (jamur) Kukuran dan disusul daun lumai tambahkan garam serta bumbu penyedap rasa bila suka.
-Masukkan potongan tomat (cung diro) dan daun bawang 
-angkat jangan sampai masakan terlalu matang sehingga tidak terkesan layu
-siap disajikan.

nah sekarang anda bisa membuat makanan khas dari kabupaten muara enim yaitu bawak gulai daun lumai tihau kukuran dengan mudah meskipun anda seorang pemula sekalipun dalam hal memasak, anda juga bisa menyajikan makanan khas ini dengan mudah. sajikan makanan istimewa ini untuk keluarga tercinta anda, selamat mencoba 

baca juga : cara mudah membuat bekasam yang super nikmat

Post a Comment for "Resep Bawak Gulai | Cara Membuat Bawak Gulai Daun Lumai Tihau Kukuran khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com"

close