Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bekasam | Cara Membuat Bekasam khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Jika anda sedang berkunjung untuk pulang kampung ketika waktu lebaran tiba maupun hari tertentu yang pastinya penting untuk anda, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner dari muara enim ini. banyak sekali pilihan kuliner dari muara enim ini, tidak ketinggalan makanan atau kuliner yang berasal dari olahan ikan. banyak sekali makanan dari muara enim ini yang mempunyai bahan dasar dari ikan air tawar di karenakan terdapat sungai yang besar.

Mengenai makanan yang terbuat dari ikan khususnya ikan air tawar, di daerah muara enim ini ada makanan yang terbuat dari olahan ikan air tawar yang patut anda coba yaitu bekasam. bekasam merupakan hasil fermentasi dari ikan air tawar, ikan air tawar yang sering di pakai seperti ikan gabus, ikan nila, ikan mujair dan ikan air tawar lainnya. untuk membuat bekasam ini sangat mudah yaitu dengan menambahkan garam ke dalam campuran ikan yang di simpan ke dalam wadah kedap udara kurang lebih selama seminggu.

Untuk menikmati bekasam ini, anda bisa mengolah bekasam seperti di masak dengan cara d tumis kemudian di sajikan dengan nasi putih hangat. bekasam ini mengandung asam laktat yang sangat baik untuk sistem pencernaan anda dan dapat mengendalikan tingkat serum kolestrol dalam darah. untuk harga bekasam ini juga sangat mudah, untuk harga sendiri sekitar 20 ribu rupiah untuk 150 gram bekasam. untuk membuat bekasam juga sangat mudah, jika anda ingin membuatnya sudah kami sajikan resep untuk membuat bekasam dan cara mengolah bekasam di bawah ini

Resep bekasam
Bahan-Bahan :
-3 kg ikan (boleh ikan apa saja)
-Garam Secukupnya.
-30 siung bawang Merah yang dipotong secara vertikal.
-30 siung bawang Putih yang dipotong secara vertikal.
-Cabe rawit/cabe Keriting

Cara membuat Bekasam : 
-Bersihkan perut dan kepala ikan. Jika ikan terlalu besar bisa dipotong kecil-kecil. 
-Tiriskan airnya dan tuangkan ke dalam baskom.
-Campur ikan, garam dan nasi. Jangan terlalu banyak garam agar tidak terlalu asin. Begitu juga dengan nasi, karena akan menyebabkan rasa asam tinggi.
-Aduk hingga merata semua bahan
-Masukkan dalam toples dan tutup dengan rapat
-3 hari sekali di aduk. (Ingat mengaduk dengan sendok aduk yang bersih)
-Setelah 10 hari kemudian, Bekasam siap dimasak.

Cara memasak Bekasam :
-Tumis irisan bawang dan cabe (jumlah sesuai dengan selera), semakin banyak bawang dan cabe maka semakin enak Bekasamnya.
-Tuangkan Bekasam sesuai dengan kebutuhan
-Aduk sampai rata, jika sudah terlihat mengering itu tandanya Bekasam sudah matang dan siap dihidangkan.
-Makan saat masih hangat lebih enak

nah anda sudah bisa membuat bekasam sendiri di rumah, caranya sangat mudah dan pastinya bekasam ini kaya akan manfaat bagi tubuh anda jadi untuk sekarang jangan khawatir untuk mengkonsumsi bekasam ini. sajikan sajian istimewa bekasam ini untuk keluarga tercinta anda, selamat mencoba semoga bermanfaat seta jangan lupa untuk share 

baca juga : cara membuat pepes tempoyak super lezat

Post a Comment for "Resep Bekasam | Cara Membuat Bekasam khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com"

close