Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Brengkes Tempoyak | Cara Membuat Brengkes Tempoyak Makanan khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com

Kompilasitutorial.com
~ Jika anda sedang berlibur atau sekedar berkunjung ke daerah muara enim tidak ada salahnya jika anda mencicipi kuliner khas muara enim. kuliner khas muara enim terdiri dari berbagai macam akan tetapi bahan utama yang di pakai adalah tempoyak. tempoyak berasal dari kata poyak yang mempunyai arti mencabik, tempoyak ini terbuat dari bahan dasar buah durian yang di fermentasi kurang lebih seminggu. untuk cara membuat tempoyak sendiri terbilang sangat mudah, anda juga bisa membuatnya di rumah.

Banyak sekali bahan yang di masak dengan di padukan dengan tempoyak ini, di jamin anda akan ketagihan di buatnya. masakan yang paling mudah untuk di buat adalah sambal tempoyak ikan teri, itu saja sudah terasa nikmatnya dan akan menghabiskan nasi putih hangat yang di temani es teh manis. anda tidak akan berhenti untuk menyantapnya.

Berbicara mengenai pepes atau bisa di sebut juga dengan brengkes yaitu masakan yang di olah dengan cara di panggang yang di bungkus dengan daun pisang. untuk pepes / brengkes dari muara enim pastinya akan menciptakan cita rasa yang luar biasa di karenakan bahan yang di gunakan untuk membuat pepes/ brengkes ini adalah ikan patin. perpaduan dari tempoyak dan ikan patin ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan pastinya mempunyai kandungan gizi yang tinggi. anda harus mencoba pepes/ brengkes ini. untuk cara membuat pepes/ brengkes tempoyak ikan patin ini sangat mudah, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, jika anda penasaran dengan cara membuatnya serta cita rasa dari brengkes tempoyak ikan patin ini bisa anda ikuti resep yang sudah kami sajikan di bawah ini

Resep brengkes tempoyak
Bahan:
-1 ekor ikan patin, potong-potong
-200 gr tempoyak (durian fermentasi)
-2 batang serai, memarkan dan potong-potong pendek
-daun pisang dan lidi secukupnya

Bumbu halus:
-2 siung bawang putih
-6 siung bawang merah
-2 butir kemiri
-3 cm kunyit
-15 buah cabai merah keriting
-garam secukupnya

Cara membuatnya:
-Cuci bersih ikan, tirikan. 
-Campurkan ikan dengan bumbu halus, serai dan tempoyak.
-Ambil daun pisang secukupnya, isi dengan ikan patin dan bumbu tempoyak. 
-Bungkus dan semat dengan lidi. 
-Lakukan hingga habis.
-Panaskan kukusan. 
-Kukus brengkes ikan patin tempoyak selama kurang lebih 25 menit.
-Brengkes ikan patin tempoyak khas Palembang siap dinikmati.

sekarang anda bisa membuat sendiri pepes / brengkes tempoyak makanan khas dari muara enim sumatera selatan yang pastinya mempunyai cita rasa yang sangat lezat, sajikan menu spesial ini untuk keluarga tercinta anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat 

baca juga : 8 resep masakan tempoyak durian yang mudah dan lezat

Post a Comment for "Resep Brengkes Tempoyak | Cara Membuat Brengkes Tempoyak Makanan khas Muara Enim | Kompilasitutorial.com"

close