KOPI TAHLIL MINUMAN KHAS PEKALONGAN | CARA MUDAH MEMBUAT KOPI TAHLIL | RESEP KOPI TAHLIL KHAS PEKALONGAN

Kopi tahlil adalah kopi yang dibuat dengan seduhan rempah, seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai, dan pala. Rasanya yang mampu menghangatkan tubuh ini biasanya diminum dengan ditemani ketan. 
Sejarah asal usul mulanya kopi tahlil minuman segar khas Pekalongan ini disajikan ketika orang-orang Pekalongan sedang mengadakan acara tahlilan di rumah. Kopi Tahlil merupakan akulturasi budaya arab di Pekalongan. Karena warga di Pekalongan terdiri dari berbagai keturunan, yang terbesar adalah jawa dan arab. Makanya tidak aneh jika kita melihat banyak wajah-wajah arabian di daerah Pekalongan. Akulturasi itu juga membawa kebiasaan-kebiasaan agamis seperti acara tahlilan. 
Kopi Tahlil adalah minuman yang awalnya dipakai untuk suguhan orang di acara dunia tahlilan atau saat peringatan orang meninggal kalau orang Islam. Lambat laun kopi tahlil dijadikan bisnis kuliner di kota Pekalongan. Kopi ini bukan sembarang kopi, terdapat bahan rempah-rempah yang di racik dan disedu dalam kopi. Biasanya disajikan bersama dengan aneka cemilan dan aneka kue basah khas Pekalongan.


Resep Kopi Tahlil Khas Pekalongan Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman kopi tahlil enak ini memang minuman khas dari kota pekalongan dan sudah menjadi tradisi di masyarakat pekalongan. Kopi Tahlil adalah minuman nikmat, penambah semangat, dan perekat persaudaraan antar masyarakat pekalongan. Pembahasan news artikel mengenai kopi tahil akan dibahas tuntas dibawah ini.

Sejarah asal usul mulanya kopi tahlil minuman segar khas Pekalongan ini disajikan ketika orang-orang Pekalongan sedang mengadakan acara tahlilan di rumah. Kopi Tahlil merupakan akulturasi budaya arab di Pekalongan. Karena warga di Pekalongan terdiri dari berbagai keturunan, yang terbesar adalah jawa dan arab. Makanya tidak aneh jika kita melihat banyak wajah-wajah arabian di daerah Pekalongan. Akulturasi itu juga membawa kebiasaan-kebiasaan agamis seperti acara tahlilan. Kopi tahlil Pak Usman salah satu yang terkenal di Pekalongan.

CARA MEMBUAT KOPI TAHLIL

BAHAN :
-3 liter air
-20 butir cengkih
-10 cm jahe
-10 cm kayu manis
-9 butir kapulaga
-7 batang serai, memarkan
-3 lembar daun pandan, simpulkan
-1/2 butir pala
-200 gram gula merah, sisir halus
-100 gram kopi bubuk

CARA MERACIK KOPI TAHLIL NIKMAT :
-Rebus semua bahan, kecuali gula merah dan kopi bubuk, hingga mendidih. Kecilkan api, masak selama 2 jam.
-Masukkan gula merah, masak hingga gula larut. Angkat. Masukkan kopi hitam bubuk, aduk rata.
-Sajikan panas untuk 6 gelas.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share