PECEL TELO KHAS LUMAJANG JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT PECEL TELO KHAS LUMAJANG | RESEP PECEL TELO KHAS LUMAJANG JAWA TIMUR

Inilah salah satu makanan khas lumajang yang cukup berbeda dari kebanyakan makanan pecel lainnya. Pecel Telo itu namanya. Kalau biasanya pecel terdiri dari kangkung, taoge, dan bumbu kacang, pecel telo berbahan dasar ubi (telo), semanggi, jantung pisang, genjer, serta kacang panjang. Di Lumajang Jawa Timur, pecel telo sudah menjadi jajanan dan makanan yang populer, kepopuleran makan ini karena keberadannya yang sudah lama di Lumajang.Kita mungkin familiar dengan pecel madiun dengan bumbu kacangnya, atau dengan pecel nganjuk dengan aroma khas daun kemangi. Tapi di Lumajang kita punya namanya Pecel Telo. Telo itu adalah bahasa jawa untuk umbi akar. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Lumajang Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep pecel telo khas Lumajang jawa timur yang nikmat
Bahan:
-250 gr bayam, siangi, buang batangnya
-250 gr tauge, bersihkan akarnya
-250 gr kacang panjang, potong 5 cm
-250 gr bunga turi, buang putiknya
-250 gr ontong pisang

Bumbu:
-350 gr kacang tanah, goreng
-100 gr telo direbus
-4 lembar daun jeruk, iris halus
-2 sdm air asam
-300 ml air
-4 buah cabai rawit merah
-1 siung bawang putih
-0.5 cm kencur
-½ sdt terasi bakar
-3 sdm gula merah iris
-1 sdm makan garam

Cara membuat
-Rebus bayam, bunga turi, kacang panjang, ontong, dan tauge bergantian dengan air mendidih. Tiriskan, sisihkan.
-Haluskan kacang tanah dengan telo. Campur halus dengan bumbu lainnya, haluskan kembali. Campur dengan air asam. Uleni dengan sendok hingga tercampur rata.
-Siapkan piring saji, susun sayuran rebus.
-Siapkan mangkok sambal, cairkan bumbu sambal dengan air. 
-Sajikan.

Praktis sekali bukan cara pengolahan pecel telo Lumajang yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share