MENJES KHAS MALANG JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT TEMPE MENJES KHAS MALANG | RESEP MENJES KHAS MALANG JAWA TIMUR

Malang Jawa Timur memiliki makanan khas bernama menjes. Menjes adalah tempe, namun bukan tempe biasa.Menjes adalah sejenis makanan yang digoreng dan terbuat dari ampas tahu. Ampas pembuatan tahu difermentasikan untuk dijadikan bahan dasar menjes. Menjes ini adalah makanan yang selalu digoreng dengan balutan tepung.Ada beberapa faktor yang membedakan menjes dan tempe pada umumnya. Bentuk, tekstur, dan aroma adalah beberapa di antaranya.Warga Malang mengenal dua jenis Menjes yaitu Menjes kacang dan Menjes gombal. Menjes kacang teksturnya kasar. Menjes ini terbuat dari kedelai hitam atau ampas tempe.
Namun ada pula yang dalam proses pembuatannya menggunakan campuran kacang dan kedelai, serat singkong, serta bungkil kedelai. Berbeda dengan menjes kacang, menjes gombal bertekstur lebih halus. Biasanya terbuat dari ampas pembuatan tahu.Menjes gombal serupa dengan tempe gembus yang dikenal di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.Meski berbau, menjes justru membangkitkan selera makan. Terutama bagi anak-anak. Tak heran jika penganan ini cukup digemari.Selain nikmat, menjes dipercaya mampu meredakan diare. Olahan serupa tempe ini juga bisa berfungsi sebagai pelembap kulit dalam keadaan mentah. Caranya dengan dihaluskan dan dibalurkan ke permukaan kulit. Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Malang Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep menjes khas malang yang nikmat
Bahan:
-1 kotak tempe menjes (potong tipis sesuai selera)
-250 gram tepung terigu
-3 sdm tepung beras
-1 batang daun bawang (cincang halus)
-2 sdm tepung bumbu serba guna
-Minyak goreng (secukupnya)
-Air (secukupnya)

Bumbu Halus:
-3 siung bawang putih
-1/2 sdt ketumbar
-Garam (secukupnya)
-Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

Cara Membuat:
-Buat adonan tepung dengan mencampur tepung terigu, tepung beras, tepung bumbu serba guna, daun bawang, dan air. Aduk rata hingga membentuk adonan cukup encer.
-Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk rata dan koreksi rasa. 
-Masukkan tempe menjes yang sudah diiris tipis, celupkan hingga semua bagian tertutup adonan tepung. 
-Panaskan minyak, goreng tempe menjes hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang pakai api sedang.
-Segera angkat tempe menjes goreng
-sajikan selagi masih hangat.

Praktis sekali bukan cara pengolahan menjes malang yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share