cara membuat ketan bintul khas serang banten yang wajib di coba

kompilasitutorial.com ~ makanan khas serang banten yang satu ini sudah terkenal dan mulai semakin langka. kuliner ini hampir sama dengan daerah lain, nama kuliner ini adalah ketan bintul. ketan bintul ini merupakan sajiank ketan berbungkus daun pisang yang di nikmati dengan serundeng kelapa atau kelapa parut saja. ketannya di olah dengan cara di kukus seperti halnya memasak nasi ketna pada umumnya. yang kemudian di masukkan dalam wadah, ketika di sajikan di potong persegi atau biasa seperti nasi pada umumnya.ketan ini mempunyai cita rasa yang legit dan gurih. kuliner ini akan terasa lebih nikmat ketika di sajikan dengan segelas kopi atau teh. kuliner ini biasa di temukan pada bulan puasa untuk menu berbuka puasa dan waktu lebaran. namun dengan seiringnya waktu, ketan bintul menjadi menu sehari hari yang mudah untuk di temukan. apakah anda ingin mencicipinya? silahkan anda datang ke serang banten. dan jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, di bawah ini telah kami uraikan resep mudah membuat ketan bintul yang gurih dan legit

Resep ketan bintul khas serang banten yang gurih
Bahan-bahan:
-1 kg ketan
-65 santan
-2 sdt garam
-350 ml air
-2 lembar daun pandan
-Segenggam kacang tanah
-Kelapa parut yang dikukus untuk taburan

cara membuat ketan bintul yang nikmat:
-Cuci bersih beras ketan. Beri air, rendam selama 2-3 jam. Tiriskan.
-Masukkan dalam panci, santan, garam, air dan daun pandan. Aduk-aduk di atas kompor, sampai mendidih. Masukkan ketan dan kacang tanah, aduk-aduk sampai santan habis terserap. Matikan api. Diamkan 15-30 menit sebelum dikukus.
-Panaskan kukusan, gunakan kain jaring untuk mengukus ketan. Tunggu sampai air kukusan mendidih, masukkan ketan dalam kukusan. Kukus kira-kira 30 menit atau sampai matang. 
-Angkat dan sajikan dengan kelapa parut.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share