MENDOL KHAS MALANG | CARA MEMBUAT MEMBUAT MENDOL MAKANAN KHAS MALANG | RESEP MENDOL KHAS MALANG JAWA TIMUR

Salah satu jenis kuliner asli Indonesia yang belum diketahui kelezatannya oleh banyak orang adalah mendol. Mendol adalah makanan tradisional Malang yang masih ada hingga sekarang dan bertahan terhadap masuknya berbagai jenis makanan ke Indonesia dan khususnya Malang.
Mendol sendiri adalah makanan pelengkap atau juga bisa jadikan lauk untuk menyantap masakan pokok seperti pecel, lode, rawon, ataupun orem-orem. Panganan yang rupanya mirip seperti perkedel tersebut rasanya gurih, sedikit pedas dan ada aroma jeruknya. Tempe yang digunakan pun tempe yang sudah agak basi alias tempe bosok. Untuk membuatnya, tempe ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan bumbu, dibentuk lonjong dan digoreng sampai matang. Sajian lezat dan nikmatnya hidangan mendol tempe khas Jawa yang enak dan garing. Sajian ini akan bisa anda jadikan cemilan mengisi waktu luang anda bersama dengan keluarga. Pembuatan hidangan ini cukup mudah dan bahan yang digunakanpun cukup sederhana.Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Malang Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep mendol khas malang
Bahan:
1. 450 gram tempe lama/tempe bosok
2. 1 sdm tepung tapioka
3. 1 sdt bawang putih bubuk
4. 1/2 sdt kaldu
5. 1/4 sdt lada putih bubuk
6. 1/2 sdt jahe bubuk
7. 2 sdt cabe bubuk
8. 1/4 sdt garam
9. 6 lembar daun jeruk, iris tipis
10. 2 batang seledri, iris
11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Potong-potong tempe menjadi bagian kecil, kemudian tumbuk kasar.
2. Masukkan tempe yang sudah ditumbuh tadi ke dalam wadah lalu tambahkan bumbu-bumbu, irisan daun jeruk dan seledri. Aduk merata.
3. Stelah tercampur rata, ambil adonan secukupnya lalu bentuk menjadi bulat pipih memanjang. Lakukan terus sampai adonan tempe habis.
4. Panaskan minyak, kemudian goreng mendol hingga matang dan berubah warna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
5. Mendol tempe khas Malang pun siap disajikan. 

Praktis sekali bukan cara pengolahan mendol malang yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share