OREM OREM KHAS MALANG | CARA MEMBUAT OREM OREM KHAS MALANG JAWA TIMUR | RESEP OREM OREM KHAS MALANG JAWA TIMUR

Orem-orem tempe adalah masakan kuliner Jawa dari Kota Malang yang berbahan dasar  tempe.Orem-orem ini berisi potongan tempe dan juga tempe semangit atau tempe tua yang setengah busuk sebagai campurannya, tempe semangit inilah yang membuat orem-orem mempunyai aroma yang khas.Biasanya sebagai pelengkap terdapat gorengan kacang-kacangan dan kerupuk serta tambahan kecap dan sambal.Agar semakin nikmat, Orem-orem disajikan dengan ketupat iris, diberi tauge dan kecap manis serta sambal sesuai selera. Cita rasanya hampir mirip dengan sayur lodeh.Untuk beberapa orang nama makanan ini mungkin masih terdengar asing namun tidak begitu jika anda orang Malang atau pernah mengunjungi Malang.Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Malang Jawa Timur bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Membuat Orem-orem 
Bahan-bahan :
-250 gram tempe (potong kotak-kotak tipis seperti kering tempe)
-Santan ½ butir kelapa
-2 cm lengkuas (memarkan) 
-2 lembar daun jeruk purut
-2 lembar daun salam
-500 ml air (lebih gurih air kaldu ayam)

Bahan untuk bumbu halus :
-2 siung bawang putih
-5 butir bawang merah
-2  butir kemiri, sangrai
-1 cm kunyit, dibakar
-2 cm kencur
-1 sdt ketumbar bubuk
-Garam secukupnya
-Gula merah secukupnya

Bahan untuk pelengkap :
-3 buah lontong (potong-potong)
-Toge/kecambah (rebus sebentar)
-Telur rebus (potong jadi dua)
-Bawang merah goreng (untuk taburan)

Cara membuat :
-Panaskan minyak tumis bumbu halus, aduk sebentar kemudian masukkan laos, daun jeruk purut, dan daum salam, aduk lagi hingga harum. Kemudian tambahkan air kaldu dan masukkan gula merah dan garam.
-Setelah mendidih, kemudian masukkan irisan tempe, aduk sampai tercampur rata kemudian tambahkan santan.
-Tunggu sampai mendidih, angkat.

Cara penyajian :
-masukkan potongan lontong ke dalam mangkok, tambahkan toge/kecambah, telur rebus kemudian tambahkan taburan bawang goring diatasnya, setelah itu siram dengan kuah orem-ore tempe.

Praktis sekali bukan cara pengolahan orem orem tempe malang yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba

baca juga : cara mudah membuat cwie mie

2 comments:

silahkan di share