SATE KLATAK KHAS BANTUL YOGYAKARTA | RESEP SATE KLATAK KHAS BANTUL JOGJA | CARA MEMBUAT SATE KLATAK ASLI BANTUL JOGJA

Makanan paling populer yang berasal dari Bantul adalah Sate Klatak. Sate ini merupakan sate kambng yang dioleh secara unik sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan tentu saja lezat. Yang menjadi keunikan dari sate ini adalah saat pengelohannya yang mana tusuk sate yang digunakan adalah besi dari jari-jari sepeda bukan mengunakan lidi atau kayu seperti sate pada umumnya. Dengan mengunakan jari-jari tersebut maka akan menghasilkan daging kambing yang matang hingga ke dalam-dalam. Keunikan selanjutnya adalah jumlah tusuk sate yang disajikan hanya berjumlah dua buah. Walau begitu pembeli tidak akan menyesal telah membeli makanan ini karena makanan ini sangat lezat.

Sate klatak khas jogja memang tergolong sate yang sangat unik , tentu saja karena jika biasanya sate atau masakan khas dari indonesia selalu kaya akan rasa , namun berbeda dengan sate klatak khas jogja . seperti yang kami katakan tadi , sate klatak sangat minim akan rasa , karena menggunakan bumbu yang sangat sedikit . sate klatak memiliki rasa yang asin , ada juga rasa asin pedas yang hadir dari merica . menggunakan bumbu yang sangat minim bertujuan agar daging kambing pada sate klatak tetap terjaga khas daging kambing mantap .Jika di ulas balik dari sumber kenapa sate klatak menggunakan jeruji besi alasannya agar proses pemanggangan atau pembakaran sate akan merata panasnya sehingga sate cepat matang dan tidak terlalu buang waktu untuk memanggang atau membakarnya . nah jika anda berkunjung ke kota jogja jangan sampai lewatkan sate klatak.
Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan khas nusantara ini dan bagi para perantau asli bantul jogja bisa mencoba membuatnya unutk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara .

Resep membuat sate klatak khas bantul jogja dengan gulai kambing 
Bahan-bahan Sate Klatak :
-Daging kambing muda 500 gram
-Bawang putih 50 gram ( dihaluskan )
-Bawang merah 15 gram ( dihaluskan )
-Jeruk limo 1 butir ( diambil airnya saja )
-Garam secukupnya 

Bahan-bahan Olesan Sate Klatak :
-Margarin 250 gram
-Bawang putih 50 gram ( dipanggang lalu dihaluskan )
-Jahe 25 gram ( dihaluskan )
-Kecap manis bango 150 gram

Cara Membuat Sate Klatak Khas Jogja Enak :
-Pertama-tama potong daging kambing dengan ukuran untuk sate seperti biasanya .
-Masukkan ke dalam wadah , lalu bumbui daging kambing yang sudah anda potong-potong tadi dengan bumbu yang sudah haluskan ( bawang putih < bawang merah ) .
-Kemudian tambahkan air jeruk limo dan garam secukupnya , lalu diamkan didalam lemari pendingin untuk beberapa saat sebelum ditusuk dengan sate . ( usahakan menggunakan tusukan sate yang terbuat dari bahan besi atau stainless steel )
-Selanjutnya bakar diatas bara dengan sesekali di olesi dengan bahan pengoles sampai wangi dan matang .

Bahan-bahan Kuah Gulai Kambing Sate Klatak :
-Tetelan daging kambing 300 gram ( diiris tipis-tipis )
-Kayu manis bubuk 1/2 sendok teh
-Ketumbar bubuk 1 sendok makan
-Jintan bubuk 1/4 sendok teh
-Cengkeh bubuk 1/4 sendok teh
-Serai 2 batang
-Daun jeruk 3 lembar
-Air asam jawa 1 sendok makan
-Minyak goreng 3 sendok makan
-Santan cair 500 mili liter
-Santan kental 200 mili liter

Bumbu Halus Kuah Gulai Kambing Sate Klatak :
-Bawang merah 2 siung
-Kunyit 2 centi meter
-Kemiri 3 butir
-Lengkuas 3 centi meter
-Bawang putih 5 siung
-Jahe 2 centi meter
-Garam secukupnya
-Merica secukupnya
-Bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Kuah Gulai Kambing Sate Klatak :
-Pertama-tama tumis bumbu halus , serai dan daun jeruk sampai wangi , kemudian masukkan irisan tetelan daging dan tumis sampai tetelan daging agak matang atau setengah matang .
-Setelah itu masukkan bumbu-bumbu kering ( bubuk ) yang sudah anda siapkan tadi , lalu tambahkan santan cair dan masak sampai agak mengental dan bumbu terasa matang .
-Selanjutnya tambahkan santan kental dan masak dengan menggunakan api sedang hingga kuah gulai matang sempurna .
-Kuah gulai dan Sate Klatak Khas Jogja Enak siap untuk disajikan .

Demikian cara membuat sate klatak khas bantul jogja dengan gulai kambing yang nikmat. selamat mencoba 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share