TAHU ACI MAKANAN KHAS TEGAL | RESEP TAHU ACI KHAS TEGAL JAWA TENGAH | CARA MEMBUAT TAHU ACI KHAS TEGAL

Tahu Aci merupakan olahan makanan yang berasal dari Kota Tegal tepatnya Slawi. Kreasi masakan yang berbahan tahu ini dipadukan dengan tepung aci sehingga empuknya tahu ditambah kenyalnya tepung kanji atau aci atau pati atau dikenal juga dengan tepung sagu akan menambah kelezatan Tahu Aci ditambah dengan gurihnya bumbu rempah yang ada di dalam Tahu Aci tersebut.
Meski penampilannya tampak sederhana, tahu aci hampir bisa dipastikan hanya bisa ditemui di Tegal. Makanan ini sudah jadi ciri khas daerah yang dikenal dengan logat Ngapaknya ini. Seperti namananya, makanan ini terdiri dari irisan tahu berbentuk segitiga ditambah adonan aci di atasnya. Kuliner ini biasanya dinikmati dengan sambal kecap.Jika anda tertarik untuk mencobanya di rumah silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini

Resep membuat tahu aci khas tegal:
Bahan dan Bumbu Resep Tahu Aci :
-1/4 kg Tepung Kanji/ Aci/ pati/ Sagu
-10 Tahu Kuning Segar (potong jadi 2 bentuk segitiga)
-Daun bawang/ daun kucai secukupnya (iris tipis)
-3 siung bawang putih
-1 bungkus/ 1 sdt merica bubuk
-Garam secukupnya
-Air panas/ hangat secukupnya
-Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Dan Resep Tahu Aci :
-Siapkan ulekan (ciri), masukkan bawang putih, garam dan merica bubuk, uleg hingga halus dan rata. sisihkan.
-Siapkan wadah besar atau sedang, masukkan tepung kanci bersama bumbu halus tadi, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni adonan tepung hingga halus dan kalis tidak lengket di tangan. Masukkan daun bawang atau daun kucai yang sudah diiris tipis, aduk hingga rata. Sisihkan
-Siapkan tahu yang sudah dipotong diagonal atau bentuk segitiga tadi, belah bagian tengah tahu tapi jangan sampai putus (belahan sedikit saja agar ada adonan yang masuk kedalam tahu juga tidak hanya diatasnya saja).
-Lalu masukkan adonan diatas tahu yang sudah dilubangi sedikit, atur bentuk lonjong diatas tahu. Lakukan terus hingga tahu dan adonan tepung habis.
-Panaskan minyak goreng, masukkan Tahu Aci dan goreng hingga matang berwarna kecoklatan. Tiriskan.
-Sajikan Tahu Aci dengan sambal kecap atau cabai rawit hijau.

SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share