PROL TAPE KHAS JEMBER JAWA TIMUR | CARA MEMBUAT PROL TAPE KHAS JEMBER YANG NIKMAT | RESEP PROL TAPE KHAS JEMBER JAWA TIMUR

Kota Jember ditetapkan sebagai Kota Karnaval oleh Kementerian Pariwisata atas konsistensi menyelenggarakan Jember Fashion Carnaval (JFC) selama 16 tahun berturut-turut. Gelaran ini membawa nama Kota Jember sebagai kota yang terus maju dan berkembang di Jawa Timur.kota Jember kini makin diramaikan oleh wisatawan dan pengunjung dari banyak wilayah. Jika berkunjung ke Jember, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jember yang terbuat dari bahan tradisional. salah satunya adalah prol tape. Kue prol tape sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu kuliner khas dari Indonesia.bahan baku yang digunakan terbuat dari tape singkong,Tape sendiri adalah makanan yang terbuat dari fermentasi singkong.Kue tradisional yang satu ini memiliki tekstur yang bantat dengan perpaduan rasa manis, kecut dan gurih. Selain tekstur kue yang bantat, prol tape juga mempunyai aroma khas tape yang sangat terasa.Untuk menghasilkan kue prol tape dengan rasa kecut dan manis yang pas, pemilihan bahan baku tape harus sangat diperhatikan. Tidak boleh yang terlalu matang atau mentah.Jika anda tertarik untuk membuatnya di rumah untuk mengenalkan makanan dan minuman khas nusantara ini dan bagi para perantau asli Jember Jawa Timur bisa mencoba membuatnya untuk mengobati rasa rindu kampung halaman. Cara membuatnya sangat mudah, jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini dan jangan beranjak dari sini karena kami akan menyuguhkan berbagai macam resep makanan khas nusantara. 

Resep Prol tape yang nikmat khas Jember
Bahan : 
1. 300 gr tape
2. 60 gr gula
3. 70 gr tepung terigu
4. 2 butir telur
5. 70 ml susu cair
6. 75 gr margarin

Cara membuat :
1. Pisahkan tape dengan sumbunya dan lumatkan.
2. Campurkan tape dengan gula lalu aduk hingga halus.
3. Masukkan tepung terigu lalu aduk.
4. Masukkan dua butir telur kemudian aduk hingga rata.
5. Lelehkan margarin, setelah margarin cair, pada wadah yang sama tuang susu cair dan aduk hingga semua bahan tercampur.
6. Setelah margarin dan susu tercampur, tuangkan ke dalam adonan tape lalu aduk semua hingga tercampur rata.
7. Oleskan loyang dengan margarin dan tepung terigu, lalu tuang adonan ke dalam loyang.
8. Panaskan terlebih dahulu pengukus nasi atau langseng, lalu kukus selama 35 menit. Untuk mengecek sudah matang atau belum tusuk adonan dengan lidi dan jika sudah tidak basah berarti adonan sudah matang.
9. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
10. Berikan toping keju dan kue prol tape keju siap disajikan.

Praktis sekali bukan cara pengolahan prol tape jember yang lezat ini, karena tidak memiliki trik khusus dalam proses pembuatannya sehingga siapa pun dapat dengan mudah memasaknya. selamat mencoba 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share