Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG | RESEP ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG

Jombang adalah salah satu kabupaten di jawa timur dan sebagian orang mengenal jombang dengan sebutan kota santri. di karenakan karena jombang berdiri beberapa sekolah islam yang cukup banyak dan pondok pesantren yang banyak. yang menarik bukan hanya itu saja, jombang juga menyimpan banyak sekali kuliner khas. salah satunya adalah onde onde kacang merah. makanan ini sangat cocok di jadikan oleh-oleh yang pasti rasanya hampir sama dengan onde-onde dari daerah lain pada umumnya. isian onde-onde khas jombang ini adalah kacang merah sehingga cita rasanya pasti nikmat, apalagi di temani dengan segelas teh manis hangat. jika anda sedang berada di jombang tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas yang satu ini. jika anda ingin membuatnya untuk keluarga tercinta anda, silahkan untuk mengikuti resep yang kami sajikan.

CARA MEMBUAT ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG
Kulit Onde-Onde:
-500 gram tepung ketan
-225 gram gula pasir
-1 sdt garam
-150 ml air hangat
-1/2 sdt vanila bubuk
-75 gram tepung beras

Bahan Isi Kacang Merah:
-100 gram gula pasir
-250 gram kacang merah
-1/2 sdt garam
-1/4 sdt vanila bubuk (bila suka)

Bahan Lainnya:
-air dingin
-biji wijen
-minyak untuk menggoreng

Cara Membuat
1. Buat kulitnya terlebih dahulu. Caranya campur tepung beras, gula pasir, tepung ketan, garam, dan vanila bubuk. Aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk terus diuleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
2. Untuk membuat isian kacang merah, rendam kacang merah terlebih dahulu 3-4 jam. Kukus kacang merah hingga benar-benar empuk, baru dihaluskan. Baru setelah itu campurkan gula, garam dan vanila bubuk. Aduk hingga rata.
3. Ambil sedikit adonan kulit, bentuk pipih, buat cekungan, masukkan isian kacang merah. Baru bentuk bulat.
4. Setelah itu celupkan dulu ke air dingin, gulingkan pada taburan wijen.
5. Panaskan minyak dulu, lalu goreng hingga onde-onde matang.

nah itulah cara mudah membuat onde-onde kacang merah khas jombang. masih berniat untuk membuatnya untuk sajian keluarga? jika anda masih berniat untuk membuatnya untuk keluarga silahkan anda membuatnya di rumah. dan disini anda juga anda menemukan berbagai macam resep kuliner khas jombang, dan pastinya bukan hanya jombang. disini anda akan menemukan kuliner khas seluruh nusantara dan beberapa resep cake, bolu, minuman segar dan lain sebagainya. silahkan anda untuk follow agar anda bisa mengikuti update resep masakan khas nusantara yang pastinya mudah, sehat, dan murah hanya disini tempatnya. selamat mencoba

Post a Comment for "ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG | RESEP ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG | CARA MEMBUAT ONDE-ONDE KACANG MERAH KHAS JOMBANG"

close