DUMBLEG MAKANAN KHAS NGANJUK | CARA MEMBUAT DUMBLEG KHAS NGANJUK | RESEP DUMBLEG KHAS NGANJUK JAWA TIMUR

Kompilasitutorial.com- Kemarin kita telah memberikan resep khas jombang dan sekarang kita pindah ke nganjuk jawa timur. di nganjuk ini banyak juga makanan khas salah satunya yaitu dumbleg. jajanan yang satu ini sudah sangat sulit untuk di temukan, bentuknya seperti lontong dan tekstur yang kenyal membuat jajanan ini banyak di minati oleh masyarakat nganjuk dan sekitarnya. kuliner ini hanya bisa di temukan di kecamatan gondang dan kecamatan rejoso tepatnya di pasar pon gondang dan pasar kliwon rejoso. jika di gresik, makanan ini mirip dengan pudak yang membedakan adalah rasa dan tampilannya. dumbleg merupakan jajanan khas nganjuk yang mempunyai rasa mannis dan legit yang terbuat dari tepung beras, gula jawa serta santan. makanan ini di bungkus oleh pelepah jambe / pinang dan di jahit di sisi samping dan bagian bawah. dumbleg mempunyai dua rasa yaitu dumbleg merah untuk rasa gula merah jawa dan dumbleg putih untuk rasa santan dan tidak ada perubahan sejak jaman dahulu. yang di sayangkan, masyarakat nganjuk sendiri tidak banyak yang tahu mengenai jajanan tradisional ini di karenakan kurangnya promosi. dan sekarang banyak sekali di temukan berbagai varian rasa dumbleg ada yang di beri parutan kelapa dan keju. rasanya yang manis dan gurih mebuat dumbleg cocok di kombinasikan dengan apapun termasuk dengan berbagai minuman terutama minuman hangat. harganya beragam seusai ukurannya. bagi anda yang pernah mencoba jajanan khas ini di jamin pasti ketagihan. dan bagi anda yang belum pernah mencicipi jangan berkecil hati karena di sini kita akan memberikan resep cara membuat dumbleg yang enak. caranya sangat mudah, mari kita simak resep dumbleg khas nganjuk ini

CARA MEMBUAT DUMBLEG KHAS NGANJUK
-Pertama yang harus kita siapkan adalah pembungkus makanan, yaitu pelepah daun pinang (mungkin saat ini sulit mendapatkannya tapi ini adalah salah satu dari bagian keunikan itu tersendiri).
-Setelah itu jemur sampai kering kemudian rendam dengan air dingin.
-Kemudian potong pelepah tersebut yang sudah pasti sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan ukuran panjang kira-kira 15 – 20 cm dan lebar 10 cm.
-Jahit disisi bawah dan sampingnya memakai rafia (rumput jepang)
-Oke pembungkusnya sudah siap sekarang kita masak isi (dumblegnya)

Bahan
-1 kg tepung beras
-gula merah 800 gr (kalau ingin waran putih oakai gula pasir)
-dua butir kelapa dengan diambil santan kental 1000 ml dan sisanya dibuat santan encer secukupnya.
-air 1000 ml

Cara Membuatnya:
-Rebus dahulu gula merah ke dalam 1000ml sampai cair.
-Aduk tepung beras dengan santan encer liat dan masukkan santan kental yang sudah direbus sampai mendidih, tambahkan larutan gula merah yang masih panas tersebut dan masukkan garam secukupnya aduk hingga rata. 
-Masukkan adonan kedalam pelepah pinnag yang sudah kita buat tadi, masukkan ke dalam panci untuk proses berikutnya.
-Kukus kurang lebih 3 jam.
-Setelah matang tunggu sampai dingin kemudian keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera.
-Dumbleg siap dihidangkan (bisa ditambahkan kelapa parut).

nah itulah cara membuat dumbleg khas nganjuk, caranya sangat mudah dan juga murah. bagi anda yang ingin membuat hidangan yang istimewa buat keluarga anda silahkan untuk baca terus berbagai macam resep masakan nusantara , cake, minuman segar dan lain sebagainya hanya disini.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share