RESEP PRAKTIS CARA MEMBUAT PATTOLA MAKANAN KHAS KABUPATEN SUMENEP MADURA YANG LANGKA

KOmpilasitutorial.com ~ jika anda sedang mudik atau pulang kampung jangan lupa untuk menemukan dan mencicipi kuliner yang satu ini. kuliner ini biasanya di sajikan pada hari raya maupun bulan ramadhan. jika ada teman yang sedang berkunjung ke kampung anda, silahkan untuk mengenalkan kuliner yang satu ini yaitu pattola. pattola adalah salah satu makanan khas kabupaten seumenep madura yang kian punah karena tergerus majunya jaman. kini generasi muda harus di kenalkan dengan kuliner khas nusantara. kini anda bisa membuat pattola dengan mudah, di bawah ini akan kami uraiakan resep pattola dengan mudah dan anda bisa mengikuti resep di bawah ini

Resep mudah membuat pattola khas sumenep madura
Bahan Untuk Adonan Pattola
-200 gram Tepung Beras (1 1/2 - 2 gelas belimbing)
-50 gram Tepung Tapioka/Kanji (1/2 gelas belimbing)
-1 sdm Gula Pasir
-1/2 sdt Garam
-400 ml Santan (1 1/2 gelas belimbing, santan kental kara diberi air)
-Secukupnya Pewarna Makanan
-Plastik Segitiga

Bahan Untuk Kuah
-3 buah Gula Merah
-2 sdm Gula Pasir
-1/4 sdt Garam
-500 ml / secukupnya Santan (Untuk Kuah Pattola)
-1 lembar Daun Pandan

Langkah
-Siapkan panci untuk mencampur bahan. Campurkan tepung beras, gula pasir, garam, dan santan. Masak diatas api kecil hingga adonan yang tadinya cair menggumpal. Angkat
-Pindahkan kedalam baskom. Tambahkan tepung tapioka/kanji kedalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga merata.
-Bagi adonan tadi menjadi dua (2) bagian. Beri pewarna makanan secukupnya. Masukkan kedalam plastik segitiga (alternatif apabila tidak memiliki cetakan pattola) dan lubangi kecil diujung plastik.
-Siapkan wadah kukusan dan lapisi dengan daun pisang yang telah dioles minyak diatasnya (menghindari lengket pada kukusan). Cetak adonan pattola diatas daun pisang yang telah dioles minyak tadi.
-Kukus adonan pattola diatas api sedang dan tunggu sekitar 10-15 menit, hingga matang. Lalu angkat!
-Untuk kuah santan : Campurkan gula merah (sebelumnya telah disisir untuk mempercepat proses pelelehan), gula pasir, garam, santan, dan daun pandan. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk agar tidak gosong dibagian bawah. Setelah kuah mendidih, angkat!
-Hidangkan pattola diatas piring lalu siram dengan kuah santan. Dapat dinikmati hangat maupun dingin.

uraian di atas sudah tertera cara mudah membuat pattola, kini anda bisa membuatnya di rumah. selamat mencoba

  

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share