Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RESEP PRAKTIS DAN SEDERHANA CARA MEMBUAT NASI ROMI ATAU NASI LEMAK KHAS SUMENEP MADURA

Kompilasitutorial.com ~ Di sumenep madura ada salah satun kuliner yang unik, kuliner ini hampir sama dengan daerah lainnya. yang membedakan hanya rasanya, jika anda sedang berlibur ke sumenep tidak salahnya anda untuk mencicipi kuliner yang satu ini. kuliner ini sangat mengenyangkan apalagi di konsumsi secara berlebih karena rasanya yang super nikmat. kuliner ini namanya nasi romi atau nasi lemak dan bisa di katakan sebagai nasi uduk. nah di bawah ini akan kami uraikan resep membuat nasi romi atau lemak khas sumenep madura yang sangat mudah untuk di ikuti.

Resep nasi romi / nasi lemak khas sumenep madura
Bahan-bahan:
-200 gram Beras (setara dengan 2 gelas belimbing)
-300 ml / secukupnya Santan (1 gelas belimbing, pakai santan kara diberi air)
-4 buah Bawang Merah
-5 buah Bawang Putih
-1 1/2 sendok teh Garam
-2 lembar Daun Salam
-2 lembar Daun Jeruk Purut
-1 buah Sereh
-1 sendok teh Minyak

Langkah
-Ulek bawak merah dan bawang putih. Lalu tumis bersamaan dengan daun salam, daun jeruk, dan sereh yg sebelumnya sudah di geprek. Setelah harum, masukkan santan yang telah diberi garam. Tunggu sampai mendidih.
-Sementara itu cuci beras lalu masukkan kedalam magic com dan sirami dengan santan berbumbu tadi. Jangan lupa untuk pencet tombol cooking. Setengah perjalanan masak, buka magic com lalu aduk nasi supaya matang merata sambil masukkan bawang putih iris mentah. Kemudian tutup kembali magic com dan tunggu sampai masak.
-Taburi dengan bawang goreng diatasnya. Nasi romi siap disajikan.
-Makin istimewa apabila dihidangkan bersamaan dengan semur daging, telur, dan sambal terasi.

Note : Apabila tombol magic com sudah menunjukkan nasi masak, namun nasi masih terlihat lembek. Ini dapat diakali dengan mengkukus nasi sekitar kurang lebih 10-15 menit. 

nah itu uraian resep mudah dan sederhana membuat nasi romi / nasi lemak khas sumenep madura yang menggugah selera makan anda. kini anda bisa membuatnya di rumah untuk sajian istimewa keluarga tercinta. selamat mencoba

Post a Comment for "RESEP PRAKTIS DAN SEDERHANA CARA MEMBUAT NASI ROMI ATAU NASI LEMAK KHAS SUMENEP MADURA"

close