RESEP PRAKTIS CARA MEMBUAT KUE SATU KACANG HIJAU KHAS KUNINGAN YANG ENAK DAN SEDERHANA

kompilasitutorial.com ~ makanan khas kuningan yang selanjutnya adalah kue satu. kue satu khas kuningan ini terbuat dari kacang hijau yang biasanya di sebut kue satu kacang hijau. yang pastinya bahan utamanya terbuat dari kacang hijau dengan tambahan gula. proses pembuatannya cukup mudah dan sederhana, kacang hijau di sangrai terlebih dahulu, kemudian di haluskan dan di tambahkan dengan gula sebagai pemanis lalu di cetak sesuai selera kemudian di panggang. makanan ini terbilang tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet dan sangat cocok untuk oelh oleh pas waktu lebaran saat mudik ke kampung halaman. anda bisa mendapatkan kue ini di toko oleh oleh kuningan di jalan bojong nomor 144-146 cilimus kabupaten kuningan. apakah anda tertarik untuk membawanya saat mudik lebaran? jika anda tidak sempat untuk membelinya, anda juga bisa kok membuatnya di rumah. untuk resep anda jangan khawatir, di bawah ini kami sajikan resep istimewa cara membuat kue satu kacang hijau. simak yuk cara membuatnya

resep membuat kue satu kacang hijau
Bahan bahan:
-Kacang Hijau  200 gram.
-Perasa Vanila atau vanila essence sedikit atau kuang lebih sekitar 1/4 sendok teh.
-Gula pasir  175 gram.
-Air matang atau juga bisa menggunakan air mineral secukupnya.

Cara membuat Kue Satu khas kuningan:
-Pertama tama sangrai 200 gram kacang hijaunya. Kupas kulitnya sampai bersih dan tumbuk sedikit demi sedikit sampai halus. Bisa juga enggunakan blender untuk menghaluskan kacang hijau sangrainya.
-Saring hasil tumbukan atau blenderan kacang hijaunya untuk memastikan benar benar halus.
-Masukkan 175 gram gula bubuk dan sedikit vanila essence nya. Campur semua bahan sampai benar benar rata.
-Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap di aduk dengan rata sampai terbentuk adonan yang pulen. Kalau perlu memakai tangan untuk mencampurnya (biasa di sebut dengan meng-uleni).
-Siapkan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu 145-160 derajat celcius.
-Sambil menunggu oven panas masukkan adonan kue satu ke dalam cetakan kue yang agan di gunakan. Tekan sampai padat.
-Masukkan cetakan kue dalam oven dan panggang sebentar sampai matang dan kering. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan sebelum di masukkan ke dalam toples.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share