Cara Mudah Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh yang Lezat dan Gurih

kompilasitutorial.com ~ kuliner khas aceh yang selanjutnya adalah ayam tangkap. dari segi namanya agak aneh dan sedikit lucu, ayam kabur dan di tangkap? kebanyak orang pasti berpikir begitu. kuliner ini terbuat dari ayam sebagai bahan dasarnya dan rempah-rempah yang khas. di aceh, ada beberapa tempat yang menyebutnya dengan ayam tsunami karena di sajikan dengan bertebaran di atas piring dan tidak beraturan porak poranda seperti akibat dari bencana tsunami. ayam tangkap ini di sajikan dengan dedaunan yang menutupi ayam sehingga terlihat bahwa ayam sengaja di letakkan di bawah dedaunan. untuk harga sendiri cukup murah, di bandrol sekitar 60ribu sampai 70 ribu/ ekornya. untuk cara membuatnya juga terbilang sangat mudah, anda bisa juga membuatnya di rumah. untuk resep sudah kami siapkan di bawah ini, jadi anda jangan khawatir untuk mencari resepnya. simak yuk resepnya

Resep ayam tangkap khas aceh yang enak dan sederhana
Bahan-bahan:
-500 gr daging ayam, potong kecil
-10 lbr daun pandan, iris-iris
-10 batang daun kari/ salam Koja, ambil daunnya
-5 buah cabe hijau, iris miring (sesuai selera)
-250 ml air kelapa
-Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
-3 butir kemiri bakar (sangrai)
-4 siung bawang putih
-6 buah bawang merah
-3 cm lengkuas
-1 sdt garam

cara membuat ayam tangkap khas aceh yang enak dan sederhana:
-Ungkep ayam dengan bumbu halus, garam dan air kelapa, aduk rata. Masak hingga airnya mengering dan meresap. Matikan apinya.
-Siapkan daun kari, daun pandan iris dan cabe hijau iris. Panaskan minyak yg cukup banyak. Goreng ayam ungkep, daun kari, daun pandan dan cabe hijau, hingga kecoklatan dan daun terlihat kering. Angkat dan tiriskan minyak nya.
-Sajikan hangat dengan nasi 

baca juga : cara mudah membuat bubur kanji rumbi khas aceh yang bikin ngiler

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share