Cara Membuat Ale Ale Silungkang Serabi Khas Sawahlunto Sumatera Barat yang Nikmat

kompilasitutorial.com ~ makanan khas dari sawhlunto khususnya dusun tangah sawah desa silungkang mempunyai makanan khas yaitu ale ale silungkang karena berasal dari desa silungkang. ale ale silungkang mempunyai tekstur yang hampir mirip dengan serabi namun yang membedakan adalah cita rasanya. ale ale mempunyai aroma yang khas yang menjadi incaran para penikmat kuliner ini. ale ale silungkang ternyata banyak penggemar, bahkan dari luar daerah sumatera sekalipun biasanya memesan ale ale. ale ale silungkang terbuat dari beras, air, gula serta parutan pandan. jika anda berminat untuk memesan ale ale bisa juga, apalagi anda ingin membuatnya di rumah. untuk resepnya sudah kami uraikan di bawah ini.

Resep ale ale silungkang serabi khas sawahlunto
Bahan-bahan:
-500 gram tepung beras
-200 gram gula pasir
-700 ml santan kental (dari 1 butir kelapa)
-1 sdt ragi instan
-1 sdt garam halus
-1/2 sdt vanili

cara membuat ale ale silungkang yang maknyus:
-Campur tepung, gula, ragi dan vanili. Aduk rata
-Tambahkan garam dan santan sedikit demi sedikit untuk menjaga kekentalan adonan, jika adonan dirasa sudah pas penambahan santannya bisa diberhentikan. Aduk rata
-Tutup wadah adonan dengan serbet bersih. Diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam.
-Panggang di cetakan martabak mini yang lubangnya cekung bisa lubang 4 atau lubang 7 jika ingin ukurannya lebih kecil atau bisa juga pakai wajan penggorengan. Olesi terlebih duhulu cetakan / wajannya dengan mentega tawar atau minyak goreng, lalu masukkan adonan kira-kira 1 sendok sayur, tutup cetakan/ wajannya. 
-Masak selama kurang lebih 3 menit. 
-angkat dan sajikan

baca juga : cara mudah membuat lamang pocong

0 komentar:

Post a Comment

silahkan di share